Bata Ringan, Alternatif Pengganti Bata Merah

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com


Bata Ringan, Alternatif Pengganti Bata Merah

Bata ringan merupakan salah satu bahan bangunan yang dibuat dari campuran pasir kwarsa, semen, kapur, gips, air dan alumunium pasta. Ukurannya yang besar dan bobot yang ringan membuat banyak orang memilih menggunakan bata ringan sebagai bahan bangunan alternatif pengganti bata merah. Tidak hanya itu, bata ringan juga memiliki berbagai keunggulan lain, di antaranya:

Mencegah timbulnya gema atau gaung

Bata ringan memiliki rongga-rongga udara yang dihasilkan dari proses kimiawi selama pembuatannya. Rongga ini berfungsi sebagai peredam suara untuk menghindari terjadinya gema atau gaung. Selain itu, rongga udara tersebut juga berfungsi menahan panas sehingga dapat membantu ruangan terasa lebih sejuk.

Proses pengerjaan lebih cepat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ukuran bata ringan cenderung lebih besar dibandingkan bata biasa. Pada umumnya, bata ringan memiliki ukuran 60 x 20 x 8 cm sedangkan bata merah konvensional memiliki ukuran rata-rata 17 x 7 x 3 cm. Ukuran bata ringan yang lebih besar dan bentuknya yang cenderung seragam dapat membantu mempersingkat proses pemasangan serta pengangkutan material. Selain itu, permukaan bata ringan juga lebih rapi sehingga tidak membutuhkan plesteran yang tebal saat pengerjaan.

Lebih Tahan Air

Selain dapat meredam suara, bata ringan juga lebih tahan air. Penggunaan bata ringan sebagai material dinding bangunan dapat memperkecil kemungkinan perembesan air sehingga bangunan akan lebih tahan terhadap cuaca hujan.

Leave a Comment