Cara Mengatasi Penyusutan Pada Pintu

Pintu dari material kayu mengalami penyusutan disebabkan karena kadar air yang masih tinggi. Saat terkena udara panas maka pintu akan mengalami pergerakan. Biasanya material kayu tidak hanya menyusut lho, namun sambungan kayu yang tadinya rapat juga menjadi renggang, cat pintu menjadi retak, dan pintu menjadi lebih rapuh.

Pintu kayu yang menyusut ini disebabkan karena material ini tidak mengalami proses oven yang tidak sempurna atau malah tidak sama sekali. Sesungguhnya, ada ukuran standar kandungan air dalam material kayu yang harus dipenuhi agar proses memuai dan menyusut yang terjadi masih dapat diterima. Umumnya, kandungan air yang dapat diserap sebanyak 12 persen tentunya kondisi kayu yang masih kering.

Cara mengatasi penyusutan pada pintu dari material kayu ini sebenarnya gampang kok. Mau tahu nggak?

Pertama, jemur pintu. Copot pintu dari kayu dari kusen. Jemur pintu di bawah sinar matahari. Pastikan seluruh permukaan pintu terkena sinar.

Kedua, cat atau pelitur pintu kayu. Kamu harus melakukan pengecatan atau mengaplikasikan pelitur pada pintu kayu. Hal ini dilakukan agar material kayu yang berpori bisa tertutup dan kayu tidak lagi mengalami penyusutan.

Kalau kedua cara ini sudah kamu lakukan masih terjadi penyusutan yang mengganggu saat kamu membuka dan menutup pintu, tidak ada salahnya untuk membeli pintu baru yang lebih bagus lho.

SWALAYAN KUSEN PINTU JATI DAN JENDELA – MULIA JATI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment