Ciri-ciri Kayu Jati Berkualitas Bagus

Semua orang pasti memiliki impian salah satunya  rumah idaman yang nyaman. Kenyamanan rumah akan tercipta jika kita pintar-pintar  mengaturnya. Di dalam rumah tentu terdapat sekat-sekat yang memisahkan antara ruangan satu dengan ruangan lain. Nah, setiap ruangan bisa diberi pembatas yang sering kita jumpai yaitu pintu. Pintu ini selain untuk sebagai pembatas, bisa juga berfungsi untuk mempercantik hunian. Bisa dibayangkan jika ruangan rumah tidak ada pintu sebagai pembatas, tentunya segala aktivitas yang kita lakukan akan terlihat dari luar. Bagaimana jika sedang ada tamu? Hal tersebut akan membuat si pemilik rumah akan merasa tidak nyaman.

Melihat jaman yang semakin berkembang, sekarang sudah banyak  pilihan pintu dengan desain dan model pintu yang beragam. Tidak hanya dari model dan desain yang berbeda tetapi dari bahannya juga berbeda. Sehingga semakin banyak pilihan pintu yang bisa dipilih untuk rumah kita. Bahan yang sering digunakan untuk membuat pintu adalah kayu, khususnya kayu jati. Hal ini dikarenakan kayu jati mempunyai kualitas yang bagus dan sudah tidak diragukan lagi. Pintu jati tentu akan lebih awet dan kokoh untuk dijadikan pintu pilihan.

Jika bicara soal pintu jati, agar tidak salah membeli, akan lebih baik jika kita tahu ciri-ciri bagaimana pintu jati berkualitas bagus. bagaimana pintu jati yang berkualitas bagus? Berikut akan kami jelaskan ciri-ciri pintu jati berkualitas bagus.

Ciri-ciri kayu jati yang berkualitas bagus

  • Jika ingin menggunakan kayu jati untuk membuat daun pintu jati tentu harus memilih kayu jati yang sudah benar-benar tua. Karena kayu jati yang sudah tua mempunyai tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat baik.
  • Pori-pori kayu jati terlihat padat. Pori-pori padat inilah yang menyebabkan pintu minimalis jati jadi lebih awet dan tahan terhadap rayap.
  • Warna kayu jati lebih hidup. Hal ini dikarenakan pigmen kayu yang terbentuk pada kayu jati sudah banyak.
  • Kayu jati yang cocok digunakan untuk membuat pintu kamar kayu jati adalah yang tidak memiliki mata mati. Mata mati pada kayu jati ini perlu dihindari. Karena mempunyai kemungkinan patah yang besar. Sehingga kayu yang seperti ini kurang berkualitas.
  • Kayu jati yang berkualitas tentu tidak memiliki hati kayu. Hati kayu ini merupakan bagian dari pusat kayu yang biasanya seperti gabus. Biasanya tampilan hati pada kayu ini berbentuk seperti garis yang Panjang. Ketika terlepas maka akan menimbulkan bekas yang bisa merusak keindahan dari kayu jati itu sendiri.
  • Kayu tidak memiliki lubang. Kayu yang memiliki lubang ini menyebabkan tampilan kayu jadi kurang bagus. Jadi sebisa mungkin hindari kayu yang memiliki ciri seperti ini ketika akan membuat pintu jati minimalis.
  • Tidak adanya gubal kayu. Atau jika ada sebisa mungkin harus dibuat sesedikit mungkin. Kayu yang memiliki kurang lebih 3% kayu gubal masih dianggap berkualitas.

 

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment