Finishing Kayu Jati Belanda

Setelah mengenal lebih jauh tentang karakter dari kayu jati belanda maka pasti Anda sudah bsia menentukan jenis finishing apakah dan hasil seperti apa yang diharapkan. Dari karakter tersebut, kayu jati belnada hanya dapat digunakan untuk furniture di dalam ruangan, cocok untuk finishing warna natural,menggunakan teknik pengamplasan dan jenis cat yang tepat karena jenis kayunya yang lunak. Untuk teknik aplikasi atau finishing kayu jati belanda Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama amplas kayu jati belanda yang masih kasar dengan kertas amplas alumunium oxide no. 80-150. Cara pengamplasan adalah menggunakan blok yang dibalut dengan amplas. Hal ini dibutuhkan gara permukaan menjadi rata, jika Anda menggunakan tangan bisa saja hasilnya akan cekung karena tekanan dari amplas tidak rata. Teknik pengamplasan harus searah serat kayu agar serat akyu tidak rusak. Setelah selesai pengamplasan dan permukaan kayu jati belanda menjadi halus maka bersihkan debu amplas menggunakan kain perca berbahan kaos berwarna putih dan kering.

Gunakan Biovarnish Wood Filler dengan pisau scrape dan meratakan ke seluruh permukaan dan tunggu kering sekitar 20 menit lalu amplas dengan kertas amplas alumunium oxide no. 240. Kali ini bisa menggunakan tangan tetapi tekanannya harus sata dan diamplas mengambang hingga serta kayu terlihat. Teknik pengamplasan masih sama yaitu searah serat kayu.

Gunakan Biovarnish Wood Stain dengan pilihan warna terang seperti Yellow Ox, Candy Brown, Gardena Teak untuk lebih mengeksplore warna kayu jati belanda yang cokelat terang hampir putih. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air dan aduk hingga rata. Aplikasikan menggunakan kuas halus. Dengan menggunakan cat Biovarnish Anda tidak akan mendapatkan brush mark walaupun menggunakan kuas. Setelah itu tunggu kering tanpa dijemur di panas matahari selama kurang lebih 60 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas no. 400 hingga halus. Anda bisa melakukan pengulangan cat jika warna yang diinginkan kurang sesuai.

Gunakan Biovarnish Clear Gloss. Cara aplikasi Biovarnish Clear Gloss sama seperti aplikasi Wood Stain. Pentingnya pemberian Biovarnish Clear Gloss adalah untuk melindungi lapisan film dibawahnya dan melindungi kayu jati belanda dari gangguan luar lebih kuat lagi.

Dari empat langkah kunci sukses finishing kayu jati belanda di atas semoga dapat memberikan inspirasi dan tips yang membantu Anda dalam finishing furniture dari kayu jati belanda di rumah. Selamat Mencoba. 🙂

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment