Inilah Jamur Perusak Kayu

Inilah Jamur Perusak Kayu

Jenis Jamur Kayu – Sampai saat ini kayu masih menjadi pilihan utama sebagai bahan bangunan rumah dan pembuatan furniture. Karena dengan memilih kayu, masih ada unsur estetika yang bisa digunakan sebagai hiasan. Kayu tergolong dalam jenis bahan bangunan yang kuatĀ  dan juga memiliki serat yang tinggi.

Jenis-jenis kayu yang biasa digunakan untuk furniture juga berbeda-beda seperti kayu solid dan kayu olahan lain. Kayu solid merupakan kayu murni tanpa tambahan bahan lainnya sedangkan kayu olahan merupakan kayu tidak murni karena dibuat menggunakan bahan tambahan. Jenis kayu solid yang biasa digunakan seperti kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling, kayu sungkai dan masih banyak jenis kayu solid lainnya. Sedangkan kayu olahan ada kayu plywood atau triplek, kayu MDF (Medium Density Board), kayu blackboard, particle board, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Jamur Perusak kayu

  1. Jamur pelapuk cepatĀ 

Jamur pelapuk cepat terdiri dari dua jenis yaitu jamur pelapuk coklat dan jamur pelapuk putih:

a. jamur pelapuk coklat (brown root)

Jamur ini melapukkan kayu, menyerang sellulosa dan meninggalkan lignin. Lignin kemudian teroksidasi oleh udara menjadi berwarna coklat, sehingga kayu yang diserang menjadi lapuk, kaya lignin dan berwarna coklat. Contoh jamur penyerangnya Poria monticola, P. valliantii, Coniophora arida, C. pertema, Lenzites sepiaria, L. trabea, Lentinus lepideus.

b. Jamur pelapuk putih (white rot).

Jamur ini melapukkan kayu dan menjadikan kayu berwarna putih. Jamur menyerang lignin lebih dahulu kemudian sellulosa. Contoh jamur penyerangnya Polyporus versicolor (nama yang dianjurkan Coriolus versicolor), Poria nigres-Cens, Poniophora mollis.

  1. Jamur pelapuk lambat

Jamur ini menyebabkan permukaan kayu menjadi lunak, serangannya lambat, serangan dari luar sedikit demi sedikit pada kayu-kayu yang sangat basah, terbuka terhadap cuaca, pada rongga-rongga longitudinal, pada kayu jarum terutama pada kayu awal. Contoh jamurnya Ceratogystis albida, Chaetomium globosum.

  1. Jamur pelapuk kayu kering

Jamur ini melapukkan u yang sudah kering. Pada awalnya spora jamur jatuh di tempat yang lembab dekat sumber air, benag tumbuh memanjang dan akhirnya menemukan kayu yang sudah kering. Benang jamur tumbuh bercabang-cabang pada permukaan kayu, kemudian mengangkut air dari sumber air terdekat dan ditumpahkan ke permukaan kayu. Setelah permukaan kayu menjadi basah barulah benang-benang mulai melapukkan kayu. Contoh spesiesnya Poria incrassata, Merulius lacrymans.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment