Kenali Jenis Serangga Perusak Kayu

Kenali Jenis Serangga Perusak Kayu

Hama Kayu – Perusak kayu tidak hanya rayap saja, karena masih banyak hama lainnya yang dapat menyerang kayu. Selain ancaman jamur mikroorganisme lainnya salah satu ancaman biologis yang dapat merusak adalah rayap. Mengetahui jenis serangga apa saja yang menyerang akan membantu anda dalam melakukan perawtan terhadap furniture kayu anda. Beriut jenis hama atau serangga yang sering menyerang kayu.

  1. Kumbang Pengebor Kayu. Kumbang pengebor kayu memiliki warna coklat kemerahan hingga hitam gelap. Terdapat moncong yang panjang dan tubuhnya silindris berkaki pendek. Larva kumbang ini tidak memiliki kaki, tubuh berwarna putih susu, dan tubuhnya berkerut menyerupai huruf c. Kumbang ini menyerang kayu-kayu lembab atau yang telah membusuk.
  1. Kumbang Penggerek Kulit Kayu. Kumbang penggerek kulit kayu memiliki ukuran 2-6 mm. Warnanya merah dan coklat muda. Kumbang ini biasa menyerang produk kayu seperti pergola dan pagar, kumbang ini cenderung menyebabkan kerusakan yang signifikan.
  1. Kumbang Steely Blue. Jenis serangga perusak kayu ini berwarna biru yang berbeda dengan warna kumbang lainnya yang berawarna coklat. Keberadaan kumbang Steely Blue dapat diidentifikasi dengan keberadaan bubuk kayu.
  1. Kumbang Pengebor Dermaga. Kumbang pengebor dermaga berwarna coklat muda dengan sayap hitam. Serangga ini banyak menyerang perabot kayu dalam keadaan lembab untuk merawat larvanya.
  1. Kumbang Rumah Tanduk Panjang. Kumbang ini berwarna hitam atau coklat dengan rambut keabu-abuan. Larva gemuk dan berwarna putih keabu-abuan.  Kumbang ini biasanya bersarang di jenis  kayu lunak.
  1. Kumbang Deathwatch. Kumbang Deathwatch berwarna coklat kemerahan dengan bulu seperti sisik kuning. Larva berwarna putih dan tertutupi rambut keemasan dengan rahang coklat. Serangga ini banyak menyerang jenis kayu yang keras. Larva kumbang akan menggali kayu selama bertahun-tahun dan menyebabkan kerusakan kronis.
  1. Kumbang Bubuk. Kumbang Bubuk berwarna coklat kemerahan dengan tubuh tipis dan agak rata, sedangkan larvanya berwarna putih susu. Kumbang ini banyak ditemukan menggerogoti ladang hutan kayu.
  1. Kumbang BambuJenis serangga perusak kayu ini memiliki penampakan gemuk silindris dan berwarna coklat tua. Ukuran kumbang ini berkisar dari 2-3,7 mm. Kumbang ini memiliki antena melebar dan sayap yang kecil serta berambut tebal. Rongga dada kumbang ini bungkuk dan seolah menyembunyikan kepalanya. Keberadaan kumbang ini dapat diidentifikasi dengan adanya lintasan berupa lorong panjang pada serat kayu dengan bentuk bulat sempurna.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment