Manfaat/Kegunaan Pohon Jati

Dalam artikel kali ini, penulis akan menguraikan sedikit kegunaan dan pemanfaatan pohon jati yang menjadi incaran banyak kalangan dibandingkan dengan pohon-pohon lain.

Tidak diragukan lagi jati merupakan salah satu pohon penghasil kayu dengan kualitas yang sangat baik karena kayunya yang tidak hanya kuat namun juga indah, awet, tahan terhadap serangan rayap dan cuaca. Pohon ini biasa tumbuh di daerah tropis seperti  Srilanka, Indonesia, Myanmar dan Thailand. Bahkan Indonesia  dan Myanmar menjadi pemasok kebutuhan kayu jati di dunia.

Hampir semua bagian dari pohon jati bermanfaat bagi kehidupan manusia, berikut merupakan beberapa kegunaannya:

  1. Kayu jati mengandung semacam minyak dan endapan di dalam sel-sel kayunya, sehingga awet digunakan di tempat terbuka.
  2. Kayu jati merupakan bahan baku pembuatan kapal laut, juga dalam konstruksi berat seperti jembatan dan bantalan rel.
  3. Kayu jati banyak dijadikan sebagai bahan baku pembuatan furniture rumah seperti meja, jendela, lemari dan pintu rumah.
  4. Selain digunakan sebagai bahan baku furniture kayu jati juga banyak digunakan dalam struktur bangunan seperti tiang, atap hingga dinding-dinding yang diukir.
  5. Dalam industri kayu sekarang, jati diolah menjadi venir (veneer) untuk melapisi wajah kayu lapis mahal; serta dijadikan keping-keping parket (parquet) penutup lantai.
  6. Ranting-ranting kayu jati dapat digunakan sebagai kayu bakar, karena kayu jati dapat menghasilkan panas yang tinggi sehingga dulu digunakan sebagai bahan bakar lokomotif uap.
  7. Akar pohon jati dapat digunakan sebagai bahan pewarna.
  8. Daun jati selain digunakan sebagai pewarna makanan yang aman dan sehat biasanya juga dimanfaatkkan secara tradisional sebagai pembungkus makanan terutama di pulau Jawa.
  9. Serangga hami jati sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh orang desa, diantaranya adalah belalang jati (walang kayu) dan ulat jati (Endoclita), bahkan kerap dianggap sebagai makanan istimewa karena kelezatannya.

Yup! Demikian manfaat/kegunaan pohon jati yang dapat penulis uraikan, jika pembaca tahu manfaat/kegunaan pohon jati yang belum disebutkan diatas silakan tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment