Mari Mengenal Kayu Jati

Pohon jati merupakan pohon terkuat diantara pohon lainnya. Pohon jati memiliki keistimeewaan lebih dibanding dengan pohon lain. Seberapa jauh Anda mengenal tentang pohon jati? Berikut ini akan kami bahas tentang pohon jati agar menambah wawasan kita. Simak ulasan berikut ini :
Nama Ilmiah  : Tectona grandis L.f.
Keluarga        : Verbenaceae
Nama Lain     : Filipina : Djati, dalanang; Spanyol : Teca; Brazil : Teca; Francis : Teck; India: Segun (Bengal), Saga, Saguan( Hindi ), Tega, Thekku (negara bagian selatan); Myanmar : Kyun; Thailand : Mai-Sak, Sak; Laos : Sak; Sri Lanka : Tech, Bangladesh : Segun; Indonesia : Jati; Malaysia : Jati; Inggris: Teak.

Penyebaran dan habitat

Penyebaran alami Jati berkisar dari sub-benua India melalui Myanmar dan Thailand ke Laos . Tanaman Jati cocok tumbuh pada hutan tropis bersuhu panas dan tanah aluvial. Tanaman jati tidak tahan terhadap genangan, tergenang sedikit saja bisa menyebabkan akar busuk dan berjamur, selain itu tanaman jati juga tidak tahan terhadap naungan, bila ternaungi tanaman jati akan tumbuh kerdil dan pertumbuhan batang terhambat. India memiliki salah satu sepertiga dari penyebaran alami . Tanaman Jati tersebar terputus-putus diseluruh Semenanjung India di bawah garis 24 ° lintang utara, dinegara bagian Madhya Pradesh , Maharashtra , Tamilnadu ,Karnataka dan Kerala. Di Myanmar, spesies tersebar di seluruh negeri hingga 25 ° lintang utara. Di Thailand, penyebaran terjadi secara alami hingga 17,5 ° lintang utara dan dari 97 ° sampai 101 ° bujur timur, di daerah DAS Mae Khong, Salween dan sungai Chao Phya, dan tersebar luas sampai ke Laos. Jati telah diperkenalkan sebagai jenis tanaman di sebanyak 36 negara tropis di Asia tropis, Afrika dan Amerika Selatan dan Tengah.

Kegunaan Kayu

Jati adalah kayu tropis unggulan dengan sterling sifat kayu, memiliki kepadatan kayu rata-rata 650kg/m3. Kayu jati termasuk kelas kuat I dan kelas awet II . Penyebab keawetan dalam kayu teras jati adalah tectoquinon (2-methylan thraquinone). Kayu jati mengandung 47,5% selulosa, 30% lignin, 14,5%pentosan, 1,4% abu dan 0,4-1,5% silika. Karena daya tahan alami dan dimensi stabilitas, jati sering digunakan untuk pembuatan perahu dan pembuatan kapal. Selain itu juga jati dapat digunakan untuk pembuatan kayu lapis, flooring, furniture, lemari , alat musik dan kerajinan /ukiran kayu, bantalan rel kereta api, tiang jembatan, mebel, balok dan gelagar rumah, serta kusen, pintu, dan jendela.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment