Memilih Warna Cat Pintu dan Jendela

Warna cat pintu dan jendela bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Berikut beberapa tips memilih warna cat untuk pintu dan jendela rumah.

Warna Sesuaikan Dengan Komponen Rumah

Cat kusen yang digunakan sebuah rumah minimalis bisa di buat sedemikian rupa sehingga menambah nilai artistic dari sebuah rumah. Termasuk dalam memilih warna cat kusen pintu dan jendela. Dalam pemilihan warna cat pintu dan jendela rumah minimalis, sebaiknya pemilik rumah memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat pintu dan jendela rumahnya. Apakah pintu dan jendela terbuat dari material kayu, alumunium ataukah PVC.

Misalkan pintu atau jendelanya menggunakan kayu, sebaiknya gunakanlah cat yang bisa memberikan kesan natural. Seperti warna coklat bata, coklat tanah, coklat tua, dan burgundi. Karena dengan begitu akan semakin memperkuat kesan alami. Untuk lebih menonjolkan unsur alami dari kusen tersebut bisa dengan mempeliturnya. Sehingga kesan yang di tunjukkan dari pintu dan jendala akan lebih terkesan alami.

Selain itu anda juga bisa meperindah warna cat pintu dan jendela rumah minimalis anda tanpa menggunakan pelitur. Tak ada salahnya jika anda menyesuaikan warna pintu dan jendela anda dengan warna yang digunakan dinding rumah.  Banyak sekali padu padan warna yang bisa anda gunakan untuk pintu dan jendela. Pada prinsipnya anda harus mempadu padankan warna yang harmonis dan tidak saling tabrak. Karena hal ini akan lebih mempermudah anda dalam memilih warna kusen.

Contoh, misalkan warna putih, maka cat kusen yang digunakan bisa berwarna abu-abu muda ataupun warna kontras lainnya, seperti royal blue, merah bata, oranye, dan hijau muda. Pertimbangkan pemilihan warna kusen pintu lebih terang dari pada pintu dan jendela. Namun, jika pintu dan jendela menggunakan warna yang lembut dan terang, maka akan lebih cocok jika warna cat kusen menggunakan gradasi warna satu tingkat yang lebih tua.

Warna Sesuaikan dengan Interior Rumah

Untuk menentukan cat pintu dan jendela rumah minimalis agar terlihat semakin harmonis, tidak hanya terpaku pada warna dinding rumah. Anda juga bisa memadu padankannya dengan warna furniture yang ada di dalam maupun di luar rumah. Perpaduan tersebut akan semakin menunjukkan unsur keharmonisan warna dalam rumah.

Pemilihan warna kusen sebaiknya juga senada dengan warna furnitur yang di ada dalam rumah. Misalnya, jika perabot yang ada dalam rumah banyak menggunakan kayu, maka anda bisa menonjolkan kesan klasik dengan menggunakan cat warna coklat untuk kusen pintu atau jendela rumah anda.

Warna Sesuaikan dengan Tema Rumah

Begitu banyak pilihan warna yamg bisa digunakan untuk memberi warna cat pintu dan rumah minimalis. Akan tetapi, semua perlu dipadu padankan akar indah dan menarik, sehingga penghuninya pun puas dan nyaman. Salah satu bahan kusen adalah kayu. Apabila rumah minimalis anda menggunakan kusen kayu, untuk menentukan warnanya, anda sebaiknya menyesuaikan dengan daun pintu atau kerangka jendela.

Contoh, sebuah desain interior ruangan kadang menggunakan tema Shabby Chic yang mana identik dengan warna hijau muda. Jika demikian, anda bisa menggunakan warna sand (coklat pasir) atau napples yellow (kuning gading). Kadang desain interior bertema Bohemian, warna cat kusennya bisa menggunakan warna ungu gelap, abu-abu gelap, coklat gelap, ataupun hitam.

Pada intinya, ketika memilih warna cat pintu dan jendela rumah minimalis perhatikan tiga komponen. Yakni, komponen rumah terdekat, perabot dalam ruangan, dan tema atau konsep rumah.

Leave a Comment