Mencegah Pembusukan dengan Pengawet Kayu

Kita bisa mencegah dan mengatasi pembusukan kayu dengan pengawet kayu. Tapi beberapa bahan tersebut bisa membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya. Untuk alasan ini jika kayu digunakan di luar ruangan dengan situasi sering terkena basah atau dekat dengan air, maka kayu harus diolah dengan bahan kimia yang ramah lingkungan untuk mencapai ketahanan yang berjangka panjang.

Pengawet kayu sendiri dibagi menjadi dua kelompok: produk kimiawi yang berbahan dasar air dan minyak.

Hanya produk pengawet dengan campuran creosote dan pentachlorophenel yang efektif untuk melindungi kayu yang mengalami kontak langsung dengan tanah. Keduanya ini pula yang hanya berbahan dasar minyak yang mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat jamur, rayap, penggerek laut dan serangga lainnya.

Pengawet berbasis minyak umumnya digunakan untuk merawat kayu yang akan digunakan di luar ruangan dalam aplikasi industri; seperti tiang dan tambatan.

Dalam situasi yang serius, maka kayu diobati dengan pengawet yang dilapiskan dengan media air misalnya arsenat tembaga kromat dan setelahnya diberi aplikasi dengan creosote.

Leave a Comment