Mengenal Kayu Jati Belanda

kayu jati belanda
kayu jati belanda

Bagi pengrajin kayu tentunya sudah tidak asing lagi dengan kayu Jati Belanda. Kayu Jati Belanda sering juga disebut dengan istilah kayu Jati Londo. Di Indonesia kayu ini selain kayu Jati Londo sering dikenal sebagai kayu Pallet bekas peti kemas.

Menurut berbagai macam sumber terdapat lebih dari 175 jenis kayu pinus dengan nama species yang berbeda. Kayu Pinus/Pinewood ini disebut Jati Belanda bukan karana kayu asal atau yang tumbuh di Belanda. Tetapi melainkan kayu ini sebagian besar tumbuh di Benua Asia dan Amerika. Di Indonesia khususnya di daerah Sumatra sangat banyak tumbuh pohon pinus khususnya pinus Merkusii atau dikenal dengan Pinus Tusam.

Jenis kayu pinus yang sering digunakan dan secara umum dikenal memiliki kualitas yang baik ada 2 jenis kayu pinus yaitu Pinus Radiata dan Pinus Merkusii. Kayu ini disebut kayu Jati Belanda karena kayu ini adalah merupakan kayu bekas peti pengemas barang-barang import yang sebagian besar diangkut kapal laut yang kebanyakan dari negara Eropa.

Secara fisik kayu Jati Belanda ini berbeda dengan kayu Jati Jawa atau kayu jenis lainnya, kayu ini karakternya lebih empuk dan lebih cerah warnanya. Dikarenakan tingkat kekerasan kayu yang tidak begitu keras maka pengolahan kayu ini menjadi relatih mudah dan disenangi oleh para pengrajin. Namun demikian kayu Jati Belanda ini masih sangat cocok untuk kebutuhan furnitur, mebel, kerajinan kayu, ini terbukti dengan tingkat permintaan yang dari waktu ke waktu ternyata semakin meningkat.

Demikian, sedikit ulasan tentang kayu Jati Londo. Semoga betmanfaat 🙂

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

 

 

Leave a Comment