Mengubah Kayu Muda Jadi Terlihat Tua

Mengubah Kayu Muda Jadi Terlihat Tua

Menyamakan Warna Kayu – Kayu jati memiliki warna yang tidak sama dan tekstur yang berbeda. Untuk mengakali warna yang berbeda jika akan digunakan sebagai furniture, ini cara menyamakan warna yang berbeda.

 

 

 

 

Menggunakan Teh dan Cuka

Ada beberapa kelebihan cara ini dibanding cara yang akan saya terangkan di bawah, antara lain:
  1. Alat dan bahan mudah didapat serta murah
  2. Non toxic
  3. Mudah diaplikasikan
Sedangkan kekurangannya terletak pada hasil tampilan yang terbatas dan aroma cuka yang kuat. Anyway, berikut ini bahan serta alat yang diperlukan dan cara aplikasinya.
Alat dan Bahan
  1. Cuka
  2. Benang baja
  3. Teh
  4. Kopi (tidak harus)
  5. Wadah
  6. Kuas
Langkah-langkah
  1. Masukkan benang baja ke dalam cairan cuka. Biarkan setidaknya 24 jam atau satu hari. Sebenarnya, bisa saja Anda menghentikan proses sebelum 24 jam. Tapi saya tetap rekomendasikan 24 jam untuk hasil yang tidak sia-sia. Proses ini nantinya diharapkan bisa menghasilkan “karat” yang berguna membuat tampilan kayu lebih tua. Prinsip kerjanya adalah memaparkan cuka yang merupakan asam kuat pada benang baja yang merupakan logam sehingga timbul karat.
  2. Setelah proses perendaman baja dalam cuka selesai, buat teh yang telah disiapkan. Tuangkan teh yang dibuat pada wadah tersendiri. Sebarapa banyak teh yang dibutuhkan? Jawabannya tergantung warna yang ingin Anda wujudkan pada kayu atau luas kayu itu sendiri. Bila Anda menginginkan warna sangat coklat atau media kayu yang akan dikerjakan luas, maka saya sarankan menggunakan lebih banyak teh.
  3. Bila dirasa perlu, silahkan campurkan kopi dalam teh. Tentu yang saya maksud adalah kopi hitam, bukan kopi instan campur susu! Fungsi kopi ini adalah untuk membuat warna teh lebih gelap dan agar aroma cuka tersamarkan.
  4. Setelah tehnya siap, bersihkan kayu muda yang akan dibuat tua. Amplas dan pastikan permukaannya kering serta tak berjamur.
  5. Aplikasikan tehnya dulu. Lakukan beberapa kali sesuai tampilan warna yang Anda inginkan.
  6. Biarkan kering. Jangan tergesa-gesa. Umumnya waktu pengeringan di suhu ruangan memakan waktu 30-60 menit atau 1 jam. Tidak perlu khawatir bila warna coklat tampak pudar setelah mengering.
  7. Aplikasikan cuka yang digunakan sebagai perendam benang baja. Pada tahap ini, Anda akan melihat perubahan besar yang sifatnya cepat dibanding saat aplikasi teh.
  8. Setelah aplikasi cuka, Anda mungkin akan mendapati aroma cuka yang sangat kuat. Biarkan saja dulu hingga kering. Aroma tersebut akan makin menguar setelah kayu mengering. Bila perlu bilas dengan deterjen (rinso) untuk menghilangkan aroma yang keluar.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment