Teknik Dalam Seni Ukir Kayu

Terdapat beragam teknik yang digunakan untuk mengukir kayu dari berbagai pemotongan untuk memahat. Berikut adalah beberapa teknik yang sering digunakan dalam membuat ukiran kayu.

Carving

Adalah seni chipping dan memotong pada bagian datar dari kayu untuk membuat ukiran agar tampaknya menjadi tiga dimensi. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti pahat dan palu, pisau ukir meskipun sering digunakan untuk memperjelas detail. Dalam ukiran relief, pengrajin pahat kayu membuat gambar terlebih dahulu kemudia mulai mengukir kayu hingga tampak bagian yang timbul seperti relief.

Chip Carving

Teknik ukiran Chip Carving biasanya digunakan pada bilah potongan kayu yang lebih besar.dari pekerjaan mengukir seperti tunggul pohon atau kayu. Teknik ini menggunakan kapak dan pahat yang cukup besar. Teknik ini untuk membuat karya yang besar seperti patung, dan ini melibatkan proses yang panjang dan rumit.

Pembakaran kayu

Teknik pembakaran kayu adalah teknik dimana pengrajin ukir menambahkan desain tambahan untuk finishing kayu, Teknik ini hanya dipakai oleh pengrajin untuk mengukir kayu model kecil saja yang hanya memberikan efek menghitam pada disekitar ukiran pada bagian akhir finishing. Sehingga akan memberikan kesan ukiran yang tampak lebih hidup.

Mengerik

Teknik mengerik adalah salah satu cara tertua dan paling sederhana dalam teknik memahat kayu. Teknik ini melibatkan tidak lebih dari sepotong kayu dan pisau ukir. Berlatih seni ini ternyata cukup rumit walaupun tampaknya sangat mudah, bagi pemula untuk membuat ukiran dari teknik ini dapat menghabiskan waktu setengah jam. Dalam banyak kasus, pemahat kayu yang sudah terampil dapat menggunakan pisau dengan ukuran terkecil untuk memperjelas detail dari ukirannya.

Leave a Comment