Tips Membasmi Rayap Yang Menyerang Furniture Dari Kayu

Furniture Kayu – Rayap merupakan salah satu masalah yang sering timbul apabila anda memiliki perabotan atau furniture yang terbuat dari kayu. Keberadaan rayap juga membuat material di rumah semakin tidak awet. Sebenarnya banyak sekali cara membasmi rayap dengan cepat, tepat, dan mudah.

 

1.Ventilasi Rumah Yang Cukup

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang pertama adalah membangun ventilasi yang memadai sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap.

Jika beberapa perabot berbahan kayu terlanjur diserang rayap, maka cara membasmi rayap selanjutnya adalah menjemur perabotan tersebut pada area terbuka. Hal ini memudahkan sinar matahari langsung untuk membunuh rayap.

2. Gunakan Pendingin Udara

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, rayap menyukai tempat yang lembap. Karena itulah, memaparkannya pada suhu ekstrim jadi salah satu cara membasmi rayap paling efektif.

Selain dipanaskan di bawah sinar matahari, mendinginkan ruangan juga merupakan cara membasmi rayap yang ampuh lho. Kamu bisa menyetel pendingin udara pada temperatur paling rendah.

Perpindahan suhu secara tiba-tiba menjadi dingin akan membunuh rayap dengan mudah. Jika perlu, pindahkan sementara furnitur yang terserang rayap pada ruangan yang memiliki pendingin udara.

3. Memasang Jebakan dengan Kardus

Ada satu cara membasmi rayap tanpa perlu mengeluarkan perabotan agar dijemur atau didinginkan, yaitu dengan memasang perangkap. Cara membasmi rayap berikut adalah dengan membasahi kardus. Tidak perlu sangat basah, cukup buat kardus jadi lembap.

Sebelum melakukan cara membasmi rayap ini, kamu harus tahu terlebih dahulu di mana sarang rayap. Tempatkan kardus itu di sana hingga bau yang menyerupai kayu menguar dari kardus dan memancing rayap mendekatinya.

Ketika rayap sibuk memakan selulosa kardus, pindahkan kardus ke tempat yang luas dan aman untuk membakar kardus beserta rayapnya.

4. Bersihkan Halaman dari Genangan Air

Di mana ada genangan air, di situlah rayap akan berkembang biak. Cara membasmi rayap dari paling luar rumah adalah dengan mencegah adanya genangan air, baik di halaman rumah ataupun selokan.

Cara membasmi rayap ini perlu dilakukan terutama ketika musim penghujan. Daripada memiliki banyak genangan air, ada baiknya halaman rumahmu memiliki penampung air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Bersihkan pula selokan secara rutin, selain sebagai cara membasmi rayap, juga dapat membasmi nyamuk.

5. Membuat Semprotan Air Sabun

Cara membasmi rayap yang satu ini mudah sekali dilakukan dengan bahan-bahan yang ada di rumah kamu sendiri. Kamu cukup menyediakan botol spray kosong, sabun cair dan air.

Caranya campurkan empat sendok makan sabun cair dan segelas air, kocok hingga menyatu. Setelah itu, masukkan larutan sabun tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan larutan sabun tersebut pada area yang diserang rayap.

Cara membasmi rayap seperti ini bertujuan untuk mengganggu sistem pernapasan rayap, sehingga rayap akan mati dengan sendirinya. Lakukan cara membasmi rayap yang satu ini beberapa kali dalam sehari hingga rayap terbunuh sepenuhnya.

6. Membuat Larutan Garam

Cara membasmi rayap lainnya adalah membuat larutan garam. Pada prinsipnya, cara membasmi rayap yang satu ini sama dengan membuat larutan sabun.

Pertama, larutkan semangkuk garam dengan setengah liter air. Tujuannya memang untuk membuat larutan garam berkonsentrasi tinggi.

Setelah itu, masukkan larutan garam ke dalam botol spray. Seprotkan larutan garam tersebut pada rayap sehingga rayap akan mati lemas. Cara membasmi rayap yang satu ini mudah dan murah bukan?

7. Cara Membasmi Rayap yang Ampuh dengan Larutan Kapur Sirih

Ketimbang dua larutan sebelumnya, membuat larutan kapur sirih sebenarnya merupakan cara membasmi rayap paling ampuh. Larutan kapur sirih memang terkenal tidak hanya sebagai cara membasmi rayap sejak dahulu, tetapi juga ampuh membunuh serangga lainnya.

Membasmi rayap dengan larutan kapur sirih ini juga bisa mematikan larva rayap, sehingga cara membasmi rayap satu ini berdampak menyeluruh. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan kapur sirih dengan air dan semprotkan pada sarang rayap.

Semprotkan pula pada tempat lain supaya rayap tidak berpindah. Biasanya hanya memerlukan sekali penyemprotan.

8. Cacing Nematoda untuk Membasmi Rayap

Telah dikenal sejak lama bahwa cacing nematoda digunakan sebagai cara membasmi rayap yang ampuh. Cacing nematoda merupakan parasit yang dapat diandalkan dalam membasmi serangga.

Cacing nematoda biasanya dapat ditemukan di kebun atau halaman rumah. Namun jika kamu kesulitan dalam menemukannya, tidak ada salahnya untuk membeli cacing nematoda di toko penjual pakan hewan.

Kamu tinggal meletakkan cacing nematoda pada perabot yang diserang oleh rayap, dan biarkan cacing nematoda memakannya hingga habis. Cacing nematoda juga bisa memakan bersih larva rayap lho!

9. Membasmi Rayap pada Rumah dengan Tanah Diatom

Jika rumahmu mudah diserang rayap, mungkin kamu harus mencoba tanah diatom untuk membasmi rayap. Tanah diatom dapat membuat rayap terkikis dan mengering, itulah mengapa rayap selalu menjauhi tanah diatom.

Kamu bisa menaburkan tanah diatom pada kusen jendela yang terbuat dari kayu. Loteng rumah bermaterial kayu juga jangan sampai terlewat dari taburan tanah diatom.

Hal yang paling penting, taburkan tanah diatom di sekeliling rumah. Terutama di pintu masuk. Hal ini bukan saja termasuk cara membasmi raya, tetapi juga mencegah rayap masuk rumah.

10. Minyak jeruk, Cara Membasmi Rayap pada Lemari Makan

Lemari makanmu diserang rayap? Jangan takut makananmu teracuni dengan cara membasmi rayap berikut ini. Satu hal yang perlu kamu siapkan adalah minyak jeruk.

Karena bahannya yang alami, kamu tidak perlu takut residunya akan berdampak buruk pada kesehatan keluarga jika terkena makanan. Bisa dibilang minyak jeruk sebagai pestisida alami karena dapat mencegah dan membunuh rayap ketika terjadi kontak.

Minyak jeruk berguna sebagai cara membasmi rayap dengan menghambat rayap untuk memakani furnitur kayu dan mencegah rayap bertelur sehingga perlahan jumlah rayap akan menurun.

Cara ini memang tidak seefektif cara yang lain, namun relatif aman. Untuk melakukan cara membasmi rayap ini, kamu perlu mengoleskan minyak jeruk berkali-kali hingga rayap mati seluruhnya.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment