Tips Memilih Model Kusen Pintu

Kusen pintu menjadi elemen yang sangat penting karena memberikan efek artistik pada rumah yang Anda huni bersama keluarga. Bahkan percaya atau tidak, bentuk dan model kusen pintu yang Anda gunakan juga mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Jadi pastikanlah kusen pintu yang Anda gunakan adalah model yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Bahan Kusen

Biasanya bahan kusen pintu yang biasa digunakan masyarakat saat ini terbuat dari kayu. Serat kayu yang natural dan alami membuat kesan yang lebih asri bisa terpancar dari bangunan rumah yang Anda miliki. Namun jangan salah, saat ini berbagai model kusen untuk pintu yang berbahan uPVC juga sudah didesain sedemikian rupa sehingga bahannya lebih menarik dan terlihat lebih mempesona. Selain mengutamakan desain dari bahan kusen yang digunakan, pastikanlah ketahanan bahan material tersebut terjamin sehingga kusen pintu lebih tahan lama dan awet.

Tentukan Bentuk, Ukuran dan Model Kusen

Memilih model kusen pintu tidak semudah memilih perabot rumah tangga biasa karena pemilihan model kusen harus dilakukan dengan tepat dan juga penuh pertimbangan. Caranya yaitu dengan menentukan bentuk, ukuran dan model dari kusen itu sendiri berdasarkan karakter bangunan rumah Anda. Utamakanlah keserasian antara kusen pintu dengan konsep dan desain rumah supaya tampilannya terlihat proposional dan enak dilihat oleh tamu yang datang. Jangan sampai ukuran kusen terlalu besar atau terlalu kecil sehingga memberikan efek tidak seimbang antara bangunan dengan komponen elemen dalam rumah.

Tentukan Warna Kusen yang Tepat

Karena pintu merupakan akses masuk dan keluar setiap penghuni rumah maupun tamu yang datang, maka tampilan kusen dan warna yang dipilih haruslah diperhatikan dengan baik dan matang. Dalam memilih warna kusen pintu yang tepat, Anda bisa menyesuaikannya dengan bagian cat dinding, warna furnitur atau konsep rumah yang ingin ditampilkan. Memperkuat karakter material kusen juga bisa Anda lakukan, misalnya dengan memilih warna coklat kayu untuk mengecat bagian kusen pintu sesuai material yang digunakan. Biasanya warna-warna netral seperti hitam, putih dan coklat dipakai untuk konsep rumah minimalis, sedangkan warna kusen yang cerah bisa dipakai untuk rumah modern yang lebih bervariasi.

Leave a Comment