Tips Mengecat Kayu Dengan Cat Kuas

Tips Mengecat Kayu Dengan Cat Kuas

Tips Mengecat – Mengecat pada umumnya menggunakan kayu dan rol. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh para ahlinya. Proses finishing mebel dengan menggnakan cat ada beberapa atau aplikasi yang bisa digunakan seperti spet, kuas, kain, roll, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan juga proses yang berkualitas. Berikut tips mengecat kayu dengan cat kuas :

 

  1. Tentukan ukuran kuas dan bandingkan dengan bidang mebel yang akan di cat. Jika bidang luas dan datar Anda bisa menggunakan kuas yang berukuran besar. Sedangkan jika bidang memiliki banyak ukiran atau banyak lekukan maka gunakan kuas berukuran sedang hingga kecil.
  2. Ratakan permukaan kuas, jika kuas memiliki ujung yang tidak rata Anda bisa menggunakan gunting dan meratakannya.
  3. Arah pengecatan, ketika Anda mengaplikasikan kuas maka harus searah serat kayu. Jika And mengaplikasikannya berlawanan serat maka permukaan akan tidak rata.
  4. Memegang kuas. Jika mengecat ada dua cara memegang kuas yaitu seperti memegang raket dan seperti memegang sendok. Ketika Anda mengaplikasikan pada bidang yang luas gunakan seperti memegang raket, Jika And a mengecat bidang kecil dan lekukan maka gunakan cara kedua.

Langkah-Langkah Mengecat Dengan Kuas

Setelah Anda mengetahui tips mengecat dengan cat kayu kuas maka selanjutnya Anda bisa mempraktekannya langsung. Berikut ini langkah-langkah mengecat dnegan kuas yang bisa menjadi panduan:

  1. Pastikan permukaan kayu sudah kering, halus, dan rata gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori dengan psiau scrape searah serat kayu.
  2. Untuk pengecatan dengan kuas Anda bisa mengawali dengan cat kayu Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur dengan air dan diaduk dengan rata. Selama proses pengecatan aduk terus menerus cat agar tidak ada pengendapan.
  3. Lakukan pengecatan sesuai tips diatas dan jangan lupa untuk memastikan kuas yang digunakan sudah rata. Tunggu cat lapisan pertama kering kurang lebih 60 menit, jika sudah kering gunakan amplas alumunium oxide no. 400 dan amplas hingga halus.
  4. Lakukan pengecatan kembali hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Ingat, semakin banyak lapisan cat maka warna yang dihasilkan akan semakin gelap.
  5. Jika warna sudah sesuai dengan yang diinginkan, aplikasikan Biovarnish Clear Coat dengan pilhan Gloss atau Doff. Cara aplikasi sama yaitu menggunakan kuas sesuai dengan tips di atas. Agar clear coat kering benar tunggu atau diamkan semalaman maka akan terbentuk lapisan film yang kuat dan keras.

Tipe Cat Kayu Kayu Kuas Yang Bagus

Ketika Anda memilih jenis cat kayu kuas yang tepat maka tidak akan benyak efek brush mark yang ditimbulkan. Ciri cat kayu tersebut adalah cat kayu dengan bahan pelarut air seperti Biovarnish. Selain cara menggunakan kuas pun cat yang bagus juga bisa diaplikasikan menggunakan spray sehingga jika Anda pemilik industri mebel ataupun penghobi bisa menggunakan cat kayu Biovarnish sebagai produk finisihing yang lengkap. Bisa ditarik kesimpulan bahwa hasil finishing dengan kuas dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu teknik aplikasi, pemilihan kuas serta produk finishing yang digunakan. Ketika Anda sudah menguasai tiga hal tersebut maka finishing mebel jenis apapun adalah suatu hal yang mudah.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Leave a Comment