4 Langkah Merawat Furnitur Dari Kayu Jati

Furnitur memang menjadi hal yang penting dalam sebuah rumah. Saat ini banyak menjatuhkan pilihan furniture untuk rumah yang terbuat dari kayu jati. Sebuah furniture yang berasal dari kayu jati memiliki nuansa yang sangat sejuk dan indah didalam sebuah rumah. Selain memiliki kualitas yang sangat tinggi juga memiliki ketahanan yang bagus dibandingkan jenis kayu yang lain. Dengan adanya kelebihan tersebut tentunya harus memiliki perawatan agar kondisinya selalu terjaga. Berikut ini ada beberapa perawatan furniture kayu jati :

1. Poles furnitur kayu dengan minyak Jati

Beberapa orang menyenangi perabotan kayu karena warnanya khas dan menawarkan nuansa yang hangat di dalam ruangan rumah. Namun warna alami kayu jati pada mebel Jepara lama-lama akan memudar. Sementara minyak yang terkandung di dalam kayu jati pun tidak selamanya bisa terus mengkilat.

Oleh sebab itu, perlu melakukan refinishing pada mebel kayu jati. Perabotan bisa dipoles menggunakan minyak kayu jati alami. Gosoklah secara perlahan dengan kain lap lembut, lalu biarkan hingga mengering. Lakukan pemolesan dalam dua hingga tiga tahun sekali agar tetap mengkilap, menawan dan semakin antik.

2. Bersihkan secara rutin dari debu maupun kotoran

Perawatan apa yang harus dilakukan untuk mebel kayu jati? Ya, kamu cukup mengelap bagian permukaan meja kayu, lakukan pengelapan mebel kayu dengan lap lembut seperti kain microfiber secara merata. Hal ini dilakukan agar mereka tetap tampak indah dan selalu kelihatan baru.

Jangan lupa untuk memberikan perhatian pada bagian ukir-ukirannya. Gunakanlah kuas kecil serta alat pembersih lainnya untuk menghilangkan debu maupun kotoran di setiap permukaannya. Sebaiknya perabotan kayu jati dibersihkan minimal seminggu sekali dan sebulan sekali dengan polish (semir).

3. Letakkan di ruangan kering yang bersuhu normal

Meskipun mebel dari bahan kayu jati terkenal tahan terhadap cuaca, namun apabila furnitur kayu jati terpapar suhu panas setiap hari maka warnanya jadi kusam dan tidak lagi bercahaya.

Sedangkan jika perabotan kayu jati ditaruh di dalam ruangan dingin, kemungkinan bisa menyebabkan lapisan kayunya mengalami proses oksidasi yang lebih cepat hingga berjamur. Pada akhirnya perabotan jati akan rusak. Oleh sebab itu, apapun furnitur Jepara yang ada di rumah harus diletakkan di ruangan yang bersih dan bersuhu normal. Jauhkan mebel kayu jati dari paparan sinar matahari langsung.

4. Gunakan cairan pembersih khusus

Masih berkaitan dengan cara pembersihan perabotan rumah berbahan kayu jati. Sebaiknya lakukan pengelapan dengan menggunakan cairan pembersih khusus mebel seperti pledge atau kit agar furnitur lebih terjaga warnanya.

Caranya dengan menyemprotkannya ke permukaan furnitur kayu maupun pada bagian sela-selanya yang sulit terjangkau. Selanjutnya dapat dibersihkan menggunakan kain ball dan biarkan mengering. Hindari cairan pembersih yang mengandung bahan solvent seperti metanol, toluen dan acetone. Pasalnya tiga zat kimia tersebut bisa merusak bagian coating mebel pada kayu jatinya.

 

4 Langkah Merawat Furnitur Dari Kayu Jati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *