5 Ciri-ciri dan Kelebihan Kayu Sonokeling

Mulia Jati Jogja – Sebuah kayu pasti memiliki karakter sendiri-sendiri. Kayu dengan jenis yang kuat dan memiliki tahan lama pasti mempunyai peminat yang banyak. Dengan berbagai macam jenis kayu di toko bangunan ataupun pengrajin kayu yang menawarkan kayu untuk kita semua, tentu nya kita harus mengetahui kualitas kayu yang sesuai dan yang terbaik. Nah salah satu kayu yang dimaksud ialah kayu sonokeling.

Kayu yang memiliki nama latin Dalbergia latifolia atau yang lebih dikenal masyarakat dengan kayu sonokeling merupakan salah satu jenis tanaman hutan yang diminati sebagai bahan furniture maupun bangunan. Ciri-ciri kayu sonokeling yang berwarna hitam  dengan tekstur keras ini, membuatnya menjadi primadona dan incaran.

Berikut 5 Ciri-ciri Kayu Sonokeling dan Kelebihannya :

1. Tampilan Warna Hitam Khas

Berbeda jika dibandingkan dengan kayu kebanyakan yang memiliki warna coklat, ciri-ciri kayu sonokeling ini menampilkan warna kehitaman khas yang indah dah terkesan elegan. Tidak salah jika kayu sonokeling dibandrol dengan harga tinggi di pasaran. Dengan tekstur yang keras dan juga tampilan yang elegan, memang sepadan jika kayu ini mahal.

Kayu sonokeling atau ada juga masyarakat yang menyebutnya rosewood ini merupakan salah satu bahan yang sering digunakan oleh para pengrajin karena strukturnya yang keras.  Selain teksturnya yang keras, kayu ini juga memiliki keindahan pada warnanya yang gelap, serta serat kayu berupa paduan urat kayu lurus dan bergelombang dengan warna coklat kehitaman.

2. Tekstur Kayu yang Keras

Ciri-ciri kayu sonokeling berikutnya yang harus kamu tahu adalah tekstur kayunya yang keras. Dengan tekstur yang keras ini, sonokeling diyakini mempunyai kekuatan sehingga membuat masa pemakaian yang lebih lama. Tidak heran jika sonokeling banyak diolah menjadi produk-produk bangunan. Bahkan, dalam dunia persenjataan sendiri dijadikan sebagai popor senjata.

Banyak pengrajin dan juga arsitek yang memanfaatkan kayu jenis ini untuk membuat produk mebel. Selain keindahan warna kehitaman yang menjadi kelebihan menonjol kayu sonokeling ini, teksturnya yang keras juga membuat banyak orang tertarik untuk memakai kayu ini sebagai bahan furniture rumahnya.  Bahkan, di Jawa sendiri kayu sonokeling ini dijadikan sebagai tiang rumah joglo atau Rumah adat Jawa Tengah.

3. Bagian Gubal Kayu yang Bisa Dimanfaatkan

Jika pada kayu pada umumnya, gubal kayunya akan dibuang dan tidak bisa dimanfaatkan, berbeda dengan gubal kayu sonokeling. Ciri-ciri kayu sonokeling yang satu ini, membuat gubal kayunya bisa diolah menjadi pernak pernik dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

Gubal kayu sonokeling ini bisa dimanfaatkan menjadi beberapa produk kecil, seperti sendok, garpu, piring, maupun gelas dengan bahan kayu sonokeling ini yang akan menghadirkan suasana klasik. Membuat souvenir menggunakan gubal kayu sonokeling ini juga bukan suatu pilihan yang buruk. Karena bahannya yang ramah lingkungan.

 

4. Anti Jamur dan Rayap

Mungkin kamu tidak asing dengan alat musik, seperti gitar yang terbuat dari kayu. Tahukah kamu, jika bahan membuat gitar kayu itu ternyata dari kayu sonokeling. Ya, kayu ini juga tidak jarang dimanfaatkan sebagai alat musik. Pemilihan kayu ini sendiri adalah karena kelebihannya yang menghasilkan suara bagus dengan corak warna yang indah.

Selain itu, alasan lain pemilihan kayu sonokeling sebagai  bahan pembuat alat musik adalah karena kayu sonokeling ini tahan terhadap rayap dan juga jamur sehingga tidak membuat struktur kayu mudah rapuh dan juga awet.  untuk itu tidak salah jika ciri kayu sonokeling yang ini membuat kayu ini semakin menjadi primadona.

5. Beratnya Hampir Menyerupai Logam

Ciri-ciri kayu sonokeling berikutnya adalah mempunyai berat yang hampir menyerupai logam. Sehingga dalam hal ini tidak salah jika kayu sonokeling sering dipakai sebagai produk pembuatan senjata karena mempunyai daya kekuatan yang sama seperti logam. Karena mempunyai berat yang hampir sama dengan logam ini, bahkan kayu sonokeling  pernah menjadi bahan utama dalam interior produk mobil Mercedes Benz.

Itulah lima ciri-ciri kayu sonokeling beserta kelebihannya yang harus kamu tahu. Meskipun di banderol dengan harga yang cukup mahal, tetapi kelebihan kayu sonokeling ini sepadan dengan harganya. Tidak heran jika kayu ini sangat banyak dicari sebagai bahan material  untuk berbagai furniture maupun material rumah.

Nah berikut tadi ulasan mengenai 5 ciri-ciri dan kelebihan kayu sonokeling, semoga bermanfaaat ya.

5 Ciri-ciri dan Kelebihan Kayu Sonokeling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *