7 Manfaat Kayu Jati, Sebagai Material Meja Makan

Mulia Jati Kayu jati sering digunakan sebagai bahan pembuatan meja makan, ukiran dan hiasan serta pajangan rumah yang menarik, dengan warna kayu jati yang khas dan tahan lama. Dari sisi kualitas memang sudah berada pada grade paling tinggi dari sisi kekuatan sampai dengan keindahan ketika, sudah di bentuk menjadi berbagai furniture dengan tampilan paling berkelas. Kelebihan kayu jati dari sisi kekuatan dan daya beli inilah yang menjadi faktor utama mengapa jati begitu menjadi primadona, bukan hanya di Indonesia melainkan di luar ngeri pun furniture kayu jati menjadi komuditas terbaik dalam mengahsilkan produk mebel bernilai tinggi. Berikut 7 manfaat kayu jati sebagai material meja makan, simak penjelasanya di bawah ini.

Meja Makan Furniture Kayu

 

1. Kayu Jati Lebih Tahan Lama

Kayu jati memiliki ketahanan yang lebih lama dan lebih awet digunakan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Meski sifat alami kayu jati memang kokoh, Anda tetap harus merawat kayu jati Anda. Jika Anda melakukan perawatan furniture jati dengan baik, Anda akan mendapat kualitas furnitur yang terbaik bahkan awet digunakan gingga puluhan tahun.

Mewariskan furnitur jati yang sudah berusia puluhan tahun dengan kondisi prima bukanlah sesutu yang buruk. Semakin kuno dan tua usia furnitur, pasti akan semakin meningkatkan daya tariknya. Inilah alasan pertama yang perlu anda pertimbangkan saat memilih kayu jati dibandingkan dengan kayu solid lainnya.

2. Kayu Jati Memiliki Lebih Banyak Karakter

Seiring waktu, meja makan kayu jati Anda akan tampak seperti anggota keluarga lama di rumah Anda. Furnitur tersebut akan menua, tapi justru akan tampak semakin menarik. Meja makan akan tetap menjadi bagian yang solid dan kokoh di rumah Anda.

Mengenal Kualitas Meja Makan Jati yang Tahan Lama

Bahkan ketika kayu solid mendapat kerusakan atau goresan, kayu jati bahkan mampu membuatnya tampak seperti karakter tambahan. Kerusakan atau goresan tersebut tidak merusak pemandangan yang tampilan dari kayu jati.

Anda bahkan masih bisa melakukan finishing ulang berulang kali jika ingin memperbarui tampilan meja makan jati. Karena kayu jati dapat disesuaikan dengan berbagai karakter finsihing, tidak ada salahnya jika anda memilih material ini sebagai meja makan.

3. Kayu Jati Mudah Dibersihkan

Agar menjadi furnitur yang awet untuk digunakan, anda tentu harus rajin merawat furnitur. Saat menggunakan kayu jati sebagai material meja makan, anda bisa merawatnya dengan mudah.

Cukup dengan menggunakan produk perawatan seperti wax kayu, meja makan jati sudah bisa lebih awet digunakan. Jika ada noda pada permukaan meja makan kayu jati, anda juga dapat membersihkannya dengan mudah. Hanya dengan menggunakan kain lap bersih yang anda basahi dengan air lalu anda lap kembali dengan kain kering.

Pastikan furnitur selalu dalam keadaan kering dan bersih agar tidak mudah ditumbuhi jamur atau serangga pengganggu seperti rayap.

4. Kayu Jati Mengubah Suasana Ruangan

Kayu solid memang selalu tampak menonjol dan mudah menjadi pusat perhatian. Termasuk saat anda menggunakannya sebagai furnitur meja makan di rumah.

Penggunaan kayu jati akan menambah karakter pada suasana ruangan. Furnitur dari kayu solid satu ini juga akan dengan mudah berbaur dengan gaya dekorasi dan furnitur lain pada ruangan tersebut.

5. Meja Makan Kayu Jati Sangat Unik

Menggunakan kayu jati sebagai material meja makan bukan hanya agar lebih awet untuk digunakan. Tetapi juga karena hal ini akan sangat unik. Terutama jika anda melakukan finishing natural, maka akan terlihat serat khas kayu jati yang selalu memikat minat para pecinta furnitur.

6. Kayu Jati Bisa Menjadi Baru Lagi

Salah satu hal yang sangat menarik tentang kayu jati adalah daya tahannya memungkinkan perubahan seiring waktu. Anda bisa mengamplas, mengecat atau menggunakan pernis lagi jika suatu hari ingin merubah tampilannya.

Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi sisi dan sudutnya. Anda benar-benar dapat mengubah sepotong kayu jati solid menjadi perabot baru. Kayu jati juga merupakan jenis kayu yang dapat didaur ulang. Material kayu jati bisa menjadi produk baru sekaligus menjadi bagian dari struktur lain.

7. Kayu Jati Bisa Digunakan Dalam Jangka Waktu Cukup Panjang

Semua manfaat kayu jati mengarah ke titik harga awal yang lebih tinggi. Anda memang harus membayar furnitur jati dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan furnitur lainnya. Hal ini tentu berbanding lurus dengan manfaat yang akan anda terima. Karena anda bisa menggunakan furnitur jati dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan lebih lama dan lebih awet dibandingkan dengan jenis furnitur lainnya.

Baca Juga : Inspirasi Desain Meja Rias Minimalis

7 Manfaat Kayu Jati, Sebagai Material Meja Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *