Cara Tepat Memilih Pintu dari Kayu!

Bagaimana Cara Membuat Kusen Kayu? Begini Caranya! - Lem Kayu

Mulia Jati JogjaPintu adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah rumah. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu memiliki fungsi penting lainnya seperti memberikan keamanan hingga privasi bagi penghuninya. Oleh karena itu, memilih pintu tak boleh asal-asalan. Selain memperhatikan bahan, kamu juga harus mempertimbangkan desain, ukuran, hingga kelebihan dan kekurangannya. Salah satu model pintu yang umum digunakan adalah Pintu kayu. Nah, jika kamu juga tertarik unuk menggunakannya. Yuk ketahui dulu Cara Tepat Memilih Pintu dari Kayu!

 

 

 

1. Tujuan penggunaan pintu kayu

Pintu kayu bersifat luwes. Anda dapat menggunakan pintu kayu untuk keperluan eksterior dan interior. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakannya sebagai pintu utama rumah ataupun pintu kamar lainnya. Oleh karena itu, pintu kayu sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga keseragaman desain dan material antara bagian luar dengan bagian dalam pada hunian.

Kualitas, keandalan, serta keawetan pintu kayu dapat melebihi berbagai jenis pintu dengan material lainnya melalui perawatan yang baik. Selain itu, Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai motif pintu kayu dengan ragam tampilannya, mulai dari gaya klasik hingga pintu kayu minimalis.

Sedang Mencari Pintu Kayu? Simak Tips Memilihnya!

2. Pemilihan material pintu kayu

Saat ini, terdapat pilihan pintu kayu dari jenis kayu solid ataupun dari kayu olahan (engineered woods). Pintu kayu solid merupakan pintu yang terbuat dari material kayu murni. Anda dapat memilih pintu dari kayu lokal berkualitas tinggi atau pilihan pintu lainnya yang biayanya lebih terjangkau. Tentu saja, pintu kayu jati selalu menjadi pilihan nomor satu. Sebagai alternatifnya, kayu meranti, kamper, sungkai, bengkirai, merbau, ataupun nyatoh (jati muda) juga tak kalah berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Jenis-jenis kayu ini umum digunakan sebagai material pintu kayu minimalis, bahkan tanpa perlu dicat karena motif pintu kayu solid pun sudah indah.

Untuk pintu kayu yang lebih terjangkau lagi, jenis pintu dari kayu pinus, sengon, atau mahoni dapat menjadi piihan. Ketiga material kayu ini cocok untuk pintu interior saja karena tidak terlalu tahan cuaca, tidak seperti jenis-jenis kayu solid sebelumnya yang dapat digunakan untuk keperluan interior dan eksterior.

Sedang Mencari Pintu Kayu? Simak Tips Memilihnya!

Seperti namanya, pintu dari kayu olahan merupakan produk pintu dari material olahan kayu, biasanya terdiri dari dua lapis: lapisan dalam dan luar. Lapisan dalam tersusun dari olahan berbagai kayu yang dipres menjadi satu ke bentuk papan. Lapisan luarnya adalah lapisan veneer yang memberi penampilan motif pintu kayu yang diinginkan, termasuk yang menyerupai motif pintu kayu solid. Kualitas pintu kayu olahan ini tidak kalah dengan pintu kayu solid. Harganya pun lebih terjangkau dengan berbagai pilihan model untuk pintu kayu minimalis.

3. Motif pintu kayu

Untuk motif pintu kayu, Anda dapat memilih pintu dengan permukaan kayu polos dan datar ataupun pintu yang bermotif. Pintu polos sering disebut flush door. Pintu polos dapat diberi variasi lubang jendela intip dan menjadi vision door. Terdapat beberapa jenis vision door, yaitu narrow-lite door, half-glass door, dan full-glass door. Pada narrow lite door, jendela pengintip berbentuk bidang sempit vertikal di salah satu sisi kiri atau kanan atas pintu. Half-glass door memiliki bidang jendela yang mengambil separuh atas pintu. Pintu yang sepenuhnya terbuat dari kaca dengan frame kayu disebut full-glass door. Pintu kayu minimalis umumnya menggunakan tipe flush dengan berbagai variasinya ini.

Sedang Mencari Pintu Kayu? Simak Tips Memilihnya!

Anda juga dapat memilih pintu kayu berdasarkan motif panelnya, mulai dari motif pintu kayu dua panel hingga delapan panel atau lebih. Motif pintu kayu panel ini cocok untuk gaya tradisional atau klasik, walaupun tidak menafikan kemungkinan penggunaannya sebagai pintu kayu minimalis, terutama jika dipadu dengan material lain seperti kaca atau metal. Selain itu, ada pula pintu kayu dengan motif louver atau berteralis yang juga cocok untuk pintu kayu minimalis.

Berdasarkan penggerak buka-tutupnya, Anda dapat memilih pintu kayu tipe swing ataupun pintu geser. Pintu swing adalah pintu dengan penggerak engsel berayun pada satu sisi seperti yang umum dijumpai di setiap rumah. Pintu geser cocok untuk hunian dengan ruang terbatas. Ada pintu yang menggunakan rel di bawah seperti umumnya pintu geser, ada pula pintu geser dengan rel di atas, seperti model barn door yang saat ini juga digemari sebagai pintu kayu minimalis.

Semoga bermanfaat ya, simak terus artikel menarik lainnya di Mulia Jati Jogja.

Cara Tepat Memilih Pintu dari Kayu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *