Desain Rak Sudut Yang Saving Space

model rak sudut di atas meja kamar mandi

Mulia Jati JogjaRak dinding jelas mampu menambah area penyimpanan tanpa membuat hunian terasa sempit. Alasannya karena rak ini mengambil tempat di area dinding atas atau area dinding yang “tak terpakai”. Bentuk rak dinding memang sederhana, tapi ide penataannya amat beragam. Berikut ini, kami punya desain rak sudut yang space-saving, Penasaran? Yuk, kita lihat bersama!

 

 

1. Rak Sudut Dinding

model rak sudut dinding dapur

Sudut ruangan tak hanya merujuk pada bagian lekukan dinding yang mengarah ke dalam, tapi bisa juga bagian dinding yang menjorok keluar. Untuk area yang demikian, kamu bisa menggunakan rak sudut seperti model di atas. Materialnya terbuat dari kayu yang kokoh sehingga cocok sebagai pelengkap kitchen set di dapur untuk meletakkan aneka toples, alat makan, ataupun dekorasi.

2. Seperempat Lingkaran

model rak sudut seperempat lingkaran

Model rak sudut yang paling klasik adalah dengan bentuk seperempat lingkaran. Sudut seperempat lingkaran ini sangat pas dengan sudut ruangan. Rak ini dibuat menempel langsung pada dinding sehingga tidak ada kaki penyangga yang menambah sesak ruangan. Materialnya menggunakan papan kayu yang dibiarkan tanpa lapisan cat. Cocok untuk menghiasi hunian Japandi dan minimalis.

3. Efek Zigzag

model rak sudut dengan efek zigzag

Rak sudut yang unik akan membuat ruangan terlihat semakin menarik, misalnya dengan model yang memberikan efek zigzag seperti ini. Pada dasarnya, rak sudut ini berbentuk persegi panjang. Hanya saja, pada sisi kanan dan kiri ditutupi dengan papan yang membentuk segitiga. Warna tepinya putih, mirip dengan warna dinding. Sedangkan raknya sendiri menggunakan kayu warna cokelat tua sehingga kontras dan langsung menyita perhatian.

4. Built-in di Sepanjang Dinding

model rak sudut di sepanjang dinding

Butuh rak sudut berukuran besar yang multifungsi dan space-saving? Kalau begitu, kamu perlu mempertimbangkan model rak sudut yang memenuhi dinding seperti ini. Salah satu bagiannya multifungsi yang dapat dijadikan sebagai meja belajar. Sedangkan, bagian lainnya untuk menyimpan buku dan memajang aneka koleksi foto dan piagam. Alih-alih menggunakan meja belajar dan rak biasa, penggunaan rak sudut ini membuat ruangan terlihat lebih lega, ‘kan?

5. Bentuk L

model rak sudut bentuk huruf L

Selain bentuk seperempat lingkaran, rak sudut ambalan juga banyak yang menggunakan bentuk L. Desainnya sederhana tanpa ada pembatas dan juga aksen pada papan. Lebarnya cukup untuk meletakkan buku serta aneka pajangan. Jika kamu ingin menggunakan rak sudut ambalan seperti ini, pastikan untuk memilih material yang tebal dan menggunakan baut/paku yang tepat. Dengan demikian, rak menjadi kokoh dan awet menopang barang.

6. Mengecil di Bagian Atas

model rak sudut berdiri

Kali ini ada inspirasi model rak sudut dengan kaki penyangga layaknya rak display sehingga daya topangnya jadi lebih kokoh. Modelnya sendiri cukup unik lantaran ukuran papan rak semakin ke atas semakin mengecil. Bonusnya, rak sudut ini mudah dipindahkan ke mana saja karena tidak dipasang secara permanen ke dinding. Mau ganti suasana pun jadi mudah!

Itulah model rak sudut yang unik dan kreatif. Dijamin kamu bisa menghemat tempat tanpa kekurangan tempat penyimpanan. Selamat memilih model yang paling sesuai di hati dan ruanganmu!

Butuh lebih banyak inspirasi untuk hunianmu? Jangan ragu untuk baca artikel menarik lainnya di Mulia Jati Jogja, ya!

Desain Rak Sudut Yang Saving Space

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *