Finishing Kayu Dengan Amplas

Kayu JatiHal yang dilakukan saat membuat suatu karya adalah finishing. Salah satunya adalah saat membuat suatu karya dari kayu, cara untuk finishing adalah dengan pengamplasan. Saat pengamplasan, mulailah dengan amplas kasar, lalu gerakkan ke kertas amplas halus. Semakin besar angkanya, semakin halus kertas grit. Seberapa baik grit tergantung pada proyek,  kertas 220grit adalah baik-baik saja seperti yang diperlukan ketika pengamplasan menggunakan tangan.

Ingat, selalu pasir dengan butiran kayu, bukan melawan. Gunakan balok kayu saat hand-sanding, daripada memegang kertas di tangan Anda. (Amplas cenderung sesuai dengan tangan, mencegah Anda mencapai permukaan yang baik dengan kayu.) Staple kertas ke blok untuk tetap di tempatnya. Setelah kertas telah habis itu dapat dengan mudah dihilangkan. Beli blok pengamplasan di toko perangkat keras atau toko bahan bangunan. Beberapa jenis balok memiliki pin di dalam untuk mengunci amplas di tempatnya. Tarik satu ujung blok terpisah untuk mengeluarkan kertas dan gantilah dengan potongan yang baru.

Sponge contouring memiliki permukaan pengamplasan di keempat sisinya, memungkinkan akses ke sudut.

Jika alat-alat listrik lebih disukai untuk pengamplasan, sander belt adalah pilihan daya yang serius. (Berhati-hatilah untuk tidak membakar material saat menggunakan belt sander). Sisi bawah ke sander belt adalah bahwa hal itu tidak bisa masuk ke ruang yang sempit; alat lain akan dibutuhkan untuk itu.

Sebuah sander detail adalah alat listrik yang memungkinkan akses ke sudut yang tidak bisa dilakukan oleh belt sander. Ini memiliki ujung runcing dan pad pengamplasan melewati tubuh sander untuk masuk ke sudut. Bantalan pengamplasan memiliki hook dan loop tape di bagian belakang untuk memudahkan penghapusan.

Untuk tepi yang benar-benar berbentuk aneh, buat beberapa batang pengamplasan. Pilih pena yang bentuknya berbeda dan tempelkan amplas pada mereka dengan staples atau double tape.

Amplas yang didukung spanduk sangat membantu ketika bekerja dengan bentuk dari kayu jati belanda yang memiliki tepi bulat atau tidak rata. Jika amplas yang didukung sponge bukan pilihan, gunakan setumpuk kartu untuk membantu tepi berkontur amplas. Ambil kartu dari kotak dan bungkus sepotong amplas di sekitar mereka. Saat pengamplasan, setumpuk kartu akan menyesuaikan dengan kontur dan memungkinkan akses ke ruang-ruang yang sulit.

Inilah cara menhaluskan permukaan kayu jati belanda yang perlu Anda lakukan. Selanjutnya adalah bagaimana Anda memafaatkan permukaan yang halus untuk men jadi permukaan yang difinishing warna natural dan menjadi tampilan furnitur berserat menarik.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Finishing Kayu Dengan Amplas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *