JENIS PINTU UNTUK RUMAH MINIMALIS

Pintu Minimalis – Bagi Anda yang sedang membangun rumah minimalis, tentunya ingin menggunakan pintu minimalis juga dong? Pintu ini bisa Anda dapat di Toko kami, penyedia pintu minimalis dengan kontak kami 081 2277 1627. Atau untuk info lebih lanjut bisa langsung KLIK DISINI.

Memilih pintu berdasarkan fungsi

Pintu ibarat wajah, yang akan menjadi ciri khas untuk dikenali dari sebuah hunian. Tampilan pintu besar pengaruhnya pada penampilan keseluruhan fasad. Jadi ada baiknya sebelum mendesain fasad, Anda memahami terlebih dulu fungsi pintu, yakni:

1.     Sekuritas/Privasi

Selain sebagai pembatas yang memisahkan antar satu ruang dengan ruang lainnya, pintu memberikan privasi yang tinggi ketimbang menggunakan tirai atau gorden. Gerbang atau daun pintu yang dipasang di depan rumah melindungi kita dari orang atau penghuni asing yang hendak masuk. Sedangkan pintu dalam ruangan semisal yang membatasi antar ruang kamar atau kamar mandi berfungsi untuk memberikan privasi.

2.     Akses Keluar masuk

Pintu memudahkan kita mendapati jalur/akses untuk keluar masuk dalam ruangan. Oleh sebab itu ukuran pintu biasanya disesuaikan dengan keleluasaan badan manusia. Demikian juga ukuran pintu gerbang yang disesuaikan dengan ‘body’ kendaraan agar mudah keluar masuk.

Sesuaikan juga pintu dengan penempatan dan penghuni rumah. Misal pintu depan untuk rumah dengan anak-anak dan manula disarankan berukuran relatif lebih besar agar lebih aman dilalui.

3.     Sirkulasi Udara dan Cahaya

Sirkulasi cahaya tak kalah penting dengan sirkulasi udara. Anda hanya perlu memilih materi pintu yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruang. Pintu berbahan kaca memudahkan Anda mendapat asupan sinar matahari yang lebih besar, tanpa harus membukanya sekalipun. Berbeda dengan yang berbahan dasar kayu yang harus dibuka selebar mungkin untuk mendapat cahaya total. Desain pun dapat anda kombinasi jika perlu, misal pintu kayu yang masih memiliki elemen kaca, baik kaca bening maupun buram.

4.     Mengubah Definisi Ruang

Sebagai sekat pemisah antara ruang satu dan lainnya, pintu mampu mengubah definisi ruang tertutup yang dibatasi oleh tembok-tembok massif menjadi lebih terbuka. Dahulu kala pintu dibuat dengan sangat sederhana, namun seiring perkembangan zaman, desain dan model pintu semakin variatif disesuaikan dengan jenis rumah. Semisal tipe klasik, kontemporer, modern, atau minimalis yang menjadi pilihan favorit. Pintu rumah berdesain minimalis umumnya dibuat sangat simpel dan natural, senada dengan konsep rumah. Namun begitu Anda harus jeli untuk memilih material dan tidak hanya tepaku pada desain yang indah

​Material pintu berdasarkan materi

Sebelum memilih pintu yang tepat khususnya yang berbahan dasar kayu, beberapa tips berikut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang baik, diantaranya:

1.     Jenis kayu

Sebagai material utama yang kerap digunakan di hampir setiap jenis hunian, ada banyak jenis kayu yang beredar di pasaran. Pilihlah kayu dengan kualitas baik semisal kayu besi, kayu jati, kayu merbau, gaharu dan masih banyak jenis kayu baik lainnya. Untuk kusen rumah sebagai penyangga utama pintu, kayu merbabu dapat menjadi pilihan yang sangat tepat karena bersifat tahan lama, kuat  dan juga tahan rayap. Kayu lain yang juga memiliki kekuatan hampir serupa adalah kayu jati. Di daerah Bali, kayu jenis ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pintu utama lengkap dengan ukiran khas daerah yang sangat detail. Ketahanannya sangat teruji meski digunakan turun-temurun. Hanya saja harganya cukup tinggi.

2.     Tekstur kayu

Merupakan unsur yang sangat penting dalam pemilihan kayu berkualitas untuk dijadikan pintu. Pilihlah kayu dengan cermat dengan memperhatikannya secara seksama. Ciri kayu berkualitas memiliki tekstur keras dan berwarna merah kecoklatan. Cara mudah untuk mengenali jenis kayu berkualitas dan memiliki tekstur bagus lainnya adalah dengan membasahinya. Saat terkena air kayu tersebut biasanya akan mengeluarkan getah berwarna merah.

3.     Kayu Belang

Jangan sekali-kali memilih kayu dengan tekstur belang meski desain amat sangat mempesona. Belang yang dimaksud seperti bercak putih. Belang putih pada kayu yang terdapat di pinggiran kayu akan menjadi sasaran empuk rayap bercokol.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Jenis Pintu untuk Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *