Kegunaan Pohon RotanKEGUNAAN POHON ROTAN

Pohon Rotan – Pohon rotan merupakan pohon asli yang tumbuh subur di daerah tropis. Itu kenapa pohon rotan mudah untuk di temui di benua Asia, Afrika dan Australia. Pohon ini memiliki batang yang tinggi dan untuk lebar ukuran batangnya bisa mencapai 2 sampai dengan 5 sentimeter. Sedangkan untuk ruasnya endiri pohon rotan memiliki ruas yang panjang. Dan di permukaan batangnya terdapat duri yang tajam sehingga Anda harus berhati – hati jika berada di sekitar batangnya tersebut.

Manfaat Pohon Rotan

Pohon rotan terkenal memiliki beragam fungsi yang dapat berguna bagi kehidupan manusia. Sehingga wajar jika manfaat rotan bagi kehidupan terdiri dari beberapa penjelasan berikut ini :

1.Bahan baku

Manfaat pohon rotan yang pertama adalah kayunya. Kayu dari pohon rotan banyak di gunakan dalam bahan baku industri mebel. Contohnya adalah pembuatan perabot rumah tangga. Perabot rumah tangga merupakan salah satu kebutuhan setiap keluarga untuk memperindah rumah. Itu sebabnya industri ini tidak pernah mati jika memiliki beragam kreatif dalam membuat perabot rumah tangga yang unik sehingga para konsumen menjadi senang dan tertarik untuk membeli. Perabot rumah tangga yang merupakan kebutuhan utama adalah meja, kursi , lemari dan tempat tidur. Pemilihan kayu jenis rotan adalah pilihan tepat karena kayu ini sangat kuat, ringan dan mudah untuk dibentuk. Hanya saja dibalik kelebihannya kayu rotan yang dibuat menjadi perabot jika memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah mudah untuk dimakan rayap sehingga menjadi bubuk dan lama – lama lapuk.

2. Cambuk

Pembuatan cambuk juga banyak berasal dari pohon rotan. Bagian pohon rotan yang dimanfaatkan adalah cambuk. Cambuk merupakan bentuk kerja untuk melakukan pemukulan contohnya untuk kuda atau kerbau. Cambuk yang digunakan untuk membuat kuda berjalan sedangkan untuk kerbau juga untuk membuat binatang ternak ini berjalan. Biasanya pemanfaatan cambuk untuk kuda adalah kuda yang membawa bendi. Dengan diberi lecutan sedikit kuda akan mulai berlari dan bendi ini merupakan salah satu alat transportasi yang sudah ada sejak lama. Sedangkan untuk kerbau biasanya diberi lecutan untuk membajak sawah. Pada zaman dahulu orang menggunakan tenaga kerbau untuk mengolah sawah. Di saat sekarang lebih banyak menggunakan tenaga mesin. Namun tak jarang banyak juga kita jumpai masih menggunakan bantuan tenaga kerbau untuk membajak sawah khususnya di desa.

3. Sayuran

Manfaat sayur – sayuran adalah sebagai pemenuhan kebutuhan akan vitamin dan mineral. Dimana kedua sumber kebutuhan dalam skala kecil ini hanya terdapat didalam sayur. Contoh sayuran yang paling menjadi favorit adalah kangkung, singkong, wortel dan brokoli. penjabaran mengenai manfaat sayuran tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Manfaat kangkung yang paling penting adala untuk mencegah anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan darah dimana kadar hemoglobin dalam darah berkurang. Dan salah satu upaya untuk mencegah anemia adalah mengosumsi kangkung.
  • Manfaat daun singkong adalah untuk menjaga metabolisme dalam tubuh aktif. Metabolisme tubuh penting untuk membantu membakar kalori dalam tubuh. Sehingga jika metabolisme dibakar secara tepat maka dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap.
  • Manfaat wortel sangat beragam salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Itu kenapa sejak kecil para dokter menyarankan untuk memasukkan wortel kedalam menu sayuran harian Anda. Sedangkan untuk
  • Manfaat brokoli adalah mampu mengontrol kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol tetap seimbang. Karena kadar kolesterol yang tinggi didalam darah dapat mengakibatkan kesehatan jantung menjadi terganggu.

Setelah tahu beragam banyak manfaat untuk sayur maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk rajin mengonsumsi sayuran. Terutama sayuran yang berasal dari batang rotan karena sayuran dari batang rotan juga memiliki beragam manfaat. Salah satu manfaat dari sayuran batang rotan adalah meningkatkan nafsu makan. Jika Anda tidak memiliki selera untuk makan maka penggunaan batang sayuran rotan ini sangat cocok untuk menjadi rekomendasi.

4. Bumbu masak

Manfaat pohon rotan yang terakhir adalah sebagai bumbu masak. Bumbu masak berguna untuk menambah cita rasa pada masakan agar masakan yang kita konsumsi terasa enak dan cocok dilidah. Umumnya jenis masakan yang lebih banyak membutuhkan bumbu masak adalah gulai. Beberapa gulai bahkan membutuhkan bumbu masak yang komplit untuk cita rasa yang khas. Bagian rotan yang dapat dijadikan sebagai bumbu masak adalah daunnya. Untuk itu sebelum menggunakan daunnya terlebih dahulu cuci hingga bersih daun tersebut baru campurkan dengan gulai atau masakan Anda. Selain itu terdapat juga manfaat daun dill dan manfaat rempah – rempah untuk kesehatan yang dapat dijadikan sebagai bumbu masakan.

Kegunaan Pohon Rotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *