Ketahui Cara Membuat Kanopi Dari Kayu

Ketahui Cara Membuat Kanopi Dari Kayu – Berbagai jenis kayu konstruksi yang digunakan untuk membuat sebuah bangunan memiliki berbagai macam jenis. Kayu merupakan bahan bangunan pokok yang wajib ada dan sering untuk digunakan. Sebab, dengan menggunakan kayu bangunan akan semakin kokoh. Salah satu benda yang dapat dibuat menggunakan kayu adalah kanopi. Pada umumnya kanopi terbuat dari baja ringan atau bahan lainnya. Jika anda mempunyai kanopi yang terbuat dari baja ringan dan ingin membuat yang berbeda dengan menggunakan kayu, simak cara berikut ini.

 

  1. Perencanaan pembuatan kanopi

Sebelum hendak membuat kanopi dari kayu, ada baiknya Anda membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda perlu mengetahui besaran dimensi kanopi yang dibutuhkan. Jangan sampai kebesaran atau kekecilan, sebab akan merugikan Anda pada akhirnya. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan desain kanopi yang sesuai dengan macam-macam konsep bangunan yang digunakan. Apakah konsep arsitektur modern tropis, rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya.

  1. Merencanakan anggaran

Selain membuat rencana desain, Anda juga perlu membuat rencana anggaran pembuatan. Apabila Anda memiliki budget yang minim, jenis kayu yang digunakan harus disesuaikan kembali. Jangan sampai memberatkan Anda nantinya. Merencanakan anggaran juga membantu Anda untuk mengatur jumlah dana yang dibutuhkan selama proses pembuatan berlangsung.

  1. Membangun lantai dasar kanopi

Tahap pertama yang dilakukan pada saat proses pembuata kanopi dari kayu adalah membangun dasar kanopi terlebih dahulu. Cukup menggunakan bahan dasar berupa semen, kerikil, gamping dan juga pasir secukupnya. Alternatif lain yang dapat Anda gunakan bisa dengan menggunakan batu bata paving. Caranya adalah dengan meratakan permukaan tanah, lalu satukan paving-paving tersebut dengan menggunakan pasir.

  1. Membangun tiang dan kerangka kanopi

Setelah itu, proses pekerjaan berlanjut pada pembuatan tiang yang terbuat dari bahan dasar kayu. Pastikan kondisi kayu yang akan digunakan benar-benar dalam keadaan baik. Tidak rusak dan cacat seperti terdapat lubang-lubang pada permukaan kayu dan sebagainya.

  1. Mendirikan tiang

Proses mendirikan tiang tidak dapat dilakukan hanya dengan satu orang saja. Anda aka membutuhkan bantuan beberapa orang untuk menegakan tiang ini. Jangan lupa siapkan berbagai alat pendukung seperti tang, palu, paku, mur serta baut. Proses mendirikan tiang ini harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

  1. Proses finishing

Apabila tiang sudah dipastikan kokoh, maka Anda dapat memasang atap kanopi. Atap kanopi yang dapat digunakan banyak dan beragam, semuanya kembali pada dana yang Anda miliki. Proses finishing atap juga dapat di cat kembali dengan warna baru.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Ketahui Cara Membuat Kanopi Dari Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *