Macam-Macam Motif Ukiran Jepara

Mulia Jati – Membicarakan ukiran pasti tak lepas dari ukiran daerah Jepara. Ukiran Jepara ialah sebuah seni ukiran yang sangat cantik untuk furniture rumah. Mulia Jati – Bukan hanya kalangan dalam negeri bahkan sudah masuk dalam pasar luar negeri.

Kita dapat melihat berbagai macam furniture Jepara yang dihiasi dengan kayu penuh ukiran seni yang membuat pemandangan sangat cantik. Di Jepara, seni ukir ini sudah menjadi budaya dan sumber mata pencaharian sejumlah orang.

Berikut penjelasan dari ke-10 jenis ukiran tersebut.

1.   Ukiran Jepara Motif Naga

Motif satu ini juga salah satu yang paling terkenal. Ukiran ini berbentuk naga yang dikelilingi dekorasi ukiran yang cantik. Naga merupakan hewan mitologi yang dipercaya sebagai simbol penguasa. Motif ini bisa kita lihat di berbagai furnitur, pintu, atau lukisan. Memberikan kesan cantik dan kuat di saat yang sama, membuat banyak orang menyukai ukiran satu ini.

2.   Ukiran Jepara Motif Burung

Motif ini berbentuk gambar burung yang dikelilingi daun dan bunga cantik. Motif burung tidak hanya cantik, tetapi juga memiliki sejarah panjang. RA Kartini pernah mengirimkan bingkai seni ukiran ini ke Pameran Nasional Karya Wanita atau Nationale Tentoonstelling voor Vrownarbeid tahun 1898. Hal itu merupakan awal mula ukiran Jepara dikenal di mancanegara.

3.   Kaligrafi Ukiran Jepara

Seni ukir dari Jepara ini juga dapat berbentuk kaligrafi. Kaligrafi yang diukir dari kayu ini cocok dijadikan dekorasi pajangan dinding. Biasanya ukiran tersebut terbuat dari kayu jati.

4.   Relief Ukiran Jepara

Selain diterapkan pada furnitur, seni ukir khas Jepara ini juga bisa diterapkan pada dekorasi dinding berbentuk relief. Relief ini berbentuk lukisan atau gambar dari kayu yang diukir. Biasanya relief tersebut terbuat dari kayu jati yang memiliki zat alami anti rayap. Relief ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal, tetapi memiliki daya tahan yang lama.

5.   Motif Bunga Ukiran Jepara

Motif daun banyak diaplikasikan pada pajangan atau dekorasi rumah. Biasanya motif ini berbentuk daun atau tumbuhan yang tumbuh di pegunungan, semisal pohon kamboja dan daun trubusan. Selain mempercantik ruangan, ukiran ini dapat memberikan kesan alami.

6.   Ukiran Jepara pada Jendela Krepyak

Jendela Krepyak adalah jendela yang di bagian tengahnya terdapat deretan jalusi. Jalusi ada yang berbentuk horizontal dan vertikal. Fungsi jalusi adalah sebagai pengatur cahaya dan sirkulasi udara yang masuk.

Macam-Macam Motif Ukiran Jepara
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *