Macam Pintu Geser Kayu MinimalisMACAM PINTU GESER KAYU MINIMALIS

Pintu Geser Minimalis – Jenis pintu yang digunakan untuk bangunan terdapat berbagai macam, mulai dari pintu yang terbuat dari kusen aluminium hingga dari kusen jati.  Salah satu jenis pintu yang sering menjadi pilihan adalah pintu geser. Pintu geser dipilih karena dapat menjadi solusi terbaik bagi rumah minimalis.

Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak asal memilih dan menempatkan pintu geser pada ruangan-ruangan di rumah. Selain harus menyesuaikan desain pintu geser dengan konsep gaya rumahmu, variasi pintu geser juga punya fungsinya masing-masing. Perbedaan jenis pintu geser dapat dilihat dari bahan bakunya ataupun dari cara pergeserannya ketika ditutup dan dibuka. Nah, untuk menambah referensimu, Kania akan berikan beberapa inspirasi pintu geser yang bisa membuat rumah kamu terlihat semakin luas. Simak baik-baik, ya!

Pintu Geser Kayu

Pintu Geser Kayu

Material kayu yang solid dan tidak tembus pandang menjadikan pintu geser jenis ini cocok untuk membatasi ruang yang memang membutuhkan privasi. Salah satu contohnya, pintu geser kayu pas dipasang sebagai pintu gudang. Barang-barang yang bertumpuk di gudang akan dengan mudah tersembuyi di balik pintu geser jenis ini. Dengan memasang pintu geser di gudang, kamu bisa memanfaatkan hampir seluruh ruang pada gudang untuk menyimpan barang-barangmu tanpa harus menyisakan tempat untuk buka-tutup pintu.

Selain gudang, ruang kecil tempat menyimpan berbagai alat kebersihan rumah tangga juga bisa menggunakan pintu geser jenis ini pada bukaan pintunya. Kamu juga bisa memilih pintu geser kayu untuk ditempatkan sebagai pintu lemari yang sengaja dibuat menyatu dengan ruangan.

Pintu Geser Kayu dengan Panel Kaca

Pintu-Geser Kayu Kaca

Jenis pintu geser yang satu ini paling cocok kamu tempatkan untuk ruangan yang membutuhkan privasi sekaligus konektivitas dengan ruangan lain pada waktu bersamaan, seperti ruang kerja atau ruang membaca di rumah. Ketika beraktivitas di dalam ruangan tersebut, kamu tentu membutuhkan pemisah dengan aktivitas di ruangan lain agar lebih fokus pada pekerjaanmu bukan?

Keberadaan panel kaca pada pintu geser ini menjadi solusi penghubung dengan ruangan lain tanpa harus mengganggu privasimu saat membaca. Pintu geser kayu dengan panel kaca mudah kamu temui pada bangunan umum seperti sekolah, kantor, atau klinik.

Pintu Geser Kaca Buram

Pintu Geser Kaca Buram Kayu

Dalam posisi tertutup, pintu geser jenis ini akan membatasi penglihatan dari ruangan lain. Akan tetapi cahaya tetap dapat masuk dan keluar secara samar-samar lewat kaca buramnya. Ketika akan menggunakan jenis pintu geser ini, kamu dapat memilih motif kaca buram tertentu juga agar semakin sesuai dengan konsep atau karakter ruangan.

Pintu geser berbahan kaca buram ada yang dibuat tidak berbingkai dan ada yang dibuat memiliki bingkai dari material kayu ataupun alumunium. Pintu geser kaca buram yang tidak berbingkai akan menampilkan kesan modern pada ruangan. Kamu bisa menempatkan pintu geser kaca buram tanpa bingkai di area dapur.

Dengan keberadaan pintu geser jenis ini, dapurmu akan terlihat lebih luas. Kondisi dapur yang terkadang berantakan dan kotor karena belum sempat dibersihkan pun dapat tertutupi dengan desain pintu geser ini.

Pintu Geser Kaca Buram

Sementara itu, pintu geser kaca buram dengan bingkai solid di sekelilingnya akan menampilkan kesan kokoh pada pintu. Biasanya jenis pintu geser yang satu ini ditempatkan pada area dalam ruangan yang berbatasan langsung dengan area luar ruangan, misalnya saja area ruang keluarga yang berbatasan dengan halaman samping rumah. Bukaan pada bagian ini umumnya dibuat lebar, maka pintu gesernya pun dapat terdiri dari dua atau lebih daun pintu yang ketika dibuka akan tersusun berlapis.

Kamu juga bisa menempatkan pintu geser ini untuk membatasi dua ruangan pada rumah yang kadang-kadang bisa dibuat menyatu agar rumah terkesan lebih luas, misalnya saja sebagai sekat ruangan. Ketika tidak ada tamu yang berkunjung, pintu geser dapat dibiarkan terbuka sehingga rumah terlihat nggak bersekat.

Pintu Geser Kaca Bening

Pintu Geser Kaca Bening

Pintu geser jenis ini biasanya dipakai sebagai partisi di dalam rumah. Karena sifat kaca bening yang tembus pandang, pintu geser ini biasanya digunakan sebagai partisi ruangan. Misalnya saja, kamu dapat menempatkan pintu ini di perbatasan antara ruang keluarga dengan ruang makan. Sekalipun berbatasan dan dipisahkan dengan pintu geser, kedua ruangan tersebut terlihat menyatu, hasilnya rumah jadi terlihat luas.

Pintu Geser a la Jepang

Pintu Geser Jepang

Tentunya kamu sudah sering melihat pintu geser dipakai di rumah-rumah tradisional Jepang. Sebagai salah satu ciri khas yang nggak terpisahkan dari bangunan rumah Jepang, Bahan utama pintu geser a la Jepang adalah kayu dengan panel kotak-kotak simetris pada 2/3 bagian daun pintu. Panel kotak-kotak di pintu geser a la Jepang akan dilengkapi dengan material kertas. Hal ini dilakukan agar pintu menjadi lebih ringan dan elastis saat terkena guncangan. Kamu bisa memodifikasinya dengan mengganti material kertas menjadi kaca buram ataupun bening. 

Pintu Geser Lipat

Pintu Geser Lipat

Pintu geser yang satu ini biasanya terdiri dari banyak panel pintu. Biasanya, pintu geser lipat ditempatkan pada bukaan yang sangat lebar, seperti pada garasi. Sebaiknya kamu tidak menempatkan pintu geser jenis ini pada ruangan yang kecil, karena lipatan panel pintu yang terbuka akan menghabiskan ruang lebih banyak dibandingkan pintu geser jenis lainnya.

Macam Pintu Geser Kayu Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *