Mengecat Kayu Dengan Pilox

Mengecat Kayu Dengan Pilox – kayu yang digunakan untuk material sebuah bangunan biasanya terdapat berbagai macam jenis. Mulai dari kayu yang berkualitas rendah hingga kualitas yang sangat tinggi. Semakin kualitas kayu tinggi, maka semakin mahal pula harga dari kayu tersebut. Seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu sengon, dan masih banyak lainnya. Pengaplikasian cat pada kayu memang sudah sangat banyak dilakukan. Biasanya seseorang mengeat kayu dengan menggunakan kuas, tak jarang juga mengecat kayu dengan menggunakan pilox. Banyak orang yang beranggapan jika mengecat denagn pilox akan tidak rapi pada hasil. Untuk lebih jelasnya, ketahui tips mengecat kayu dengan menggunakan pilox.

  1. Persiapan

Dalam tahapan persiapan ini Anda bisa menggunakan amplas untuk mengamplas permukaan kayu terlebih dahulu. Gunanya untuk menghaluskan serta membuka pori kayu. Cat pilox yang disemprotkan akan menresap ke dalam pori kayu dengan mudah. Pengamplasan bisa dilakukan dengan alat atau manual. Yang terpenting Anda bisa merasakan tingkat kehalusan yang diinginkan dengan telapak tangan.

  1. Pengecatan

Siapkan pilox yang masih baru karena Anda akan mendapatkan hasil yang buruk jika pilox sudah lama apalagi mengering. Aplikasikan pilox warna terlebih dahulu. Pada tahapan ini penyemprotan yang dilakukan harus berjarak 30 cm dari permukaan matrial kayu. Dalam proses penyemprotan hanya dilakukan satu kali selesai. Anda bisa mengulangi aplikasi setelah pengamplasan.

  1. Pengeringan

Setelah itu Anda bisa menunggu kering lapisan pilox pertama. Jemur kayu di bawah panas matahari langsung. Pastikan cat mengering benar sebelum Anda mulai mengamplas. Gunakan amplas 320 dan amplas ambang semua permukaan kayu dengan baik baru Anda bisa mengulangi aplikasi pilox kembali.

Anda bisa melakukan dua kali hingga tiga lapisan. Pastikan warna kayu dan juga serat kayu tertutup dengan baik sebelum Anda menggunakan lapisan akhir. Pada lapisan akhir ini Anda bisa mengaplikasikan pilox gloss. Lapisan pilox warna transparan memberikan tampilan mengkilap pada furnitur.

Untuk mengaplikasikannya amplas terlebih dahulu permukaan cat yang sudah kering sebelumnya secara ambang menggunakan amplas 320. Pengamplasan dilakukan untuk melembutkan permukaan agar lapisan pilox di atasnya dapat melekat dengan baik.

Lanjutkan dengan aplikasi pilox akhir ini sama ketika Anda mengaplikasikan pilox berwarna. Untuk proses aplikasi Anda bisa melanjutkan dengan pengeringan. Setelah selesai Anda bisa menunggu benar-benar kering lapisan ini sambil dijemur di bawah panas matahari langsung. Maka Anda bisa langsung menggunakan furnitur kayu yang telah dicat.

Mengaplikasikan cat pilox seperti cara di atas sangat mudah untuk alternatif penggunaan bahan cat semprot yang harus diaplikasikan dengan kompresor. Proses aplikasi mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak bahkan Anda tidak perlu khawatir akan masalah tampilan yang kurang rapi.

Satu tips yang perlu diperhatikan dalam cara mengecat kayu dengan pilox adalah penggunaan alat keamanan. Anda perlu melindungi diri Anda dengan masker dan juga sarung tangan. Pilox adalah salah satu jenis cat yang memiliki kandungan formalin sangat tinggi sehingga berbahaya jika digunakan tanpa alat pengamanan.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Mengecat Kayu Dengan Pilox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *