Mengenal Pohon CendanaMENGENAL POHON CENDANA

Pohon Cendana – Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang alasan mengapa pohon cendana mengeluarkan bau harum. Nah, untuk kesempatan kali ini mari kita bahas bagaimana ciri-ciri pohon cendana. Yuk intip ulasan singkat kami.

Ciri – Ciri Pohon Cendana

Pohon cendana memiliki nama ilmiah Santalum album. Secara liar ia tumbuh sebagai inang, namun secara budidaya ia tumbuh dari stek batang.

Tanaman ini tumbuh optimal di dataran rendah hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Ia dapat tumbuh di laha subur, namun dapat pula bertahan di daerah berbatu. Untuk tumbuh maksimal, pohon cendana membutuhkan penyinaran sepanjang hari.

Pohon cendana dapat ditumbuhkan di tanah dan pot. Apabila ingin ditanam di pot, maka diameter pot untuk cendana harus lebih besar dari 60 cm.

Tanaman ini membutuhkan media tanam humus dan kompos. Untuk penyiraman cukup dilakukan sekali sehari. Untuk pemupukan dilakukan sekali sehari dengan pupuk NPK daun.

Ketinggian maksimal cendana dapat mencapai 11 hingga 15 meter, dengan diameter batang utama mencapai 25-30 cm.

Batang pohon cendana berbentuk bulat, dengan kulit batang berwarna cokelat abu-abu untuk cendana putih, dan cokelat merah untuk cendana merah. Cabang pohon cendana akan mulai tumbuh di bagian setengah pohon.

Cabang utama pohon cendana tumbuh sangat tidak beraturan. Bentuknya kerap kali tidak lurus, dengan ranting tumbuh banyak. Sementara, bagian bawahnya tumbuh menggantung.

Ciri-ciri daun pohon cendana adalah posisinya yang saling berhadap-hadapan dengan bentuk elips hingga oval. Kedua ujung daun berbentuk lancip.

Mengenal Pohon Cendana
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *