Mengenal Tentang Kayu Kelapa

Mulia Jati Jogja – Pohon kelapa merupakan sebuah pohon yang memiliki banyak manfaat dari akar sampai pohonnya. Tentu apabila didaerah pesisir atau didaerah pegunungan pastinya sering sekali menjumpai pohon kelapa. Salah satu yang banyak dimanfaatkan ialah dari batang kayu pohon kelapa tersebut.

Maka bagi pecinta kayu, pohon kelapa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mempercantik rumah mereka. Kayu kelapa biasa digunakan untuk membuat produk-produk kebutuhan rumah tangga. Kayu ini juga menawarkan berbagai keunggulan yang sudah sekian lama menjadi andalan ekspor berbagai negara di dunia. Bahkan, kayu dari pohon kelapa mampu bersaing di pasaran dengan kayu jati.

Kayu yang dengan mudah tumbuh subur di berbagai penjuru wilayah Indonesia ini memang memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya. Di beberapa daerah kayu kelapa juga disebut dengan glugu. Penyebaran glugu sendiri merata, dimulai dari pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan pulau-pulau lainnya. Pada umumnya glugu tumbuh subur didekat pantai, seperti di Bali. Maka dari itu, glugu dan harga jual kayu ulin bekas Bali menjadi kayu favorit dalam pembuatan rumah.

Kelebihan Kayu Kelapa

  1. Memiliki estetika yang unik. Pohon kelapa bukan tumbuhan dikotil seperti mangga dan kayu jati. Hal tersebut membuat karakter kayu ini berbeda dengan kayu dikotil lainnya. Corak kayunya pun bisa dibilang sangat menarik. Dengan jelas tampak serat-serat berwarna coklat tua dan cokelat muda. Seratnya pun tidak terlalu panjang sehingga terlihat seperti loreng-loreng yang justru memberikan nilai estetik.
  2. Kayu glugu ini termasuk dalam kelas kuat I dan II. Meskipun tidak sekuat jati, setidaknya glugu ini kuat kalau digunakan sebagai decking. Bobot berat glugu berkisar antara 0,5 hingga 0,9 dengan kerapatan 400 kg/m3.
  3. Memiliki predikat kayu yang ramah lingkungan. Dikatakan demikian karena stock pohon kelapa sangat banyak sehingga tidak termasuk kriteria perusakan alam.

Kekurangan Kayu Kelapa

  1. Glugu mudah menyerap air, sehingga mudah rapuh dan mudah mengalami perubahan bentuk.
  2. Glugu atau kayu Kelapa memiliki serat yang tajam, maka menyulitkan para perajin kayu untuk mengolahnya dan memasangnya.
  3. Glugu rentan rusak akibat serangan jamur dan hama lainnya. Maka dari segi keawetan glugu ini agak diragukan. Walaupun Anda masih ingin menggunakan kayu glugu ada baiknya dilakukan perawatan terlebih dahulu.

Kegunaan Kayu Kelapa

Glugu sering digunakan para perajin kayu sebagai decking. Mirip sekali dengan kegunaan kayu ulin yang diolah menjadi decking ulin bali. Selain itu, glugu juga diolah menjadi beberapa kebutuhan rumah tangga seperti furniture. Untuk wilayah tertentu, glugu dipercaya dijadikan sebagai konstruksi bangunan. Akan tetapi, agar glugu bisa digunakan harus melewati dulu proses finishing yang tepat agar terlihat menarik.

Agar kayu kelapa terlihat jauh lebih menarik dan artistik, finishing pada glugu harus menggunakan bahan atau cat yang resisten terhadap air. Biasanya, perajin kayu glugu mengaplikasikan bahan finishing seperti coating untuk mendapatkan permukaan kayu yang lebih halus dan rata.

Selain itu, mengaplikasikan warna cat yang transparan akan menonjolkan estetik dan ciri khas dari kayu glugu tersebut. Dari beberapa proses finishing yang ada, kayu glugu cocok dengan finishing natural transparan, finishing tua dan transparan, serta finishing warna transparan.

Itulah tips finishing kayu glugu agar terlihat menarik saat akan digunakan, baik itu untuk barang rumahan atau pondasi bangunan. Semoga tips finishing ini bermanfaat bagi Anda yang kini sedang mencari kayu glugu untuk kebutuhan rumah Anda.

Harga Jual Kayu Kelapa

Meski tak semahal harga kayu jati atau kayu ulin bekas, harga glugu juga tidak bisa dibilang murah. Harga kayu glugu tergantung dari jenis kayu serta ukurannya. Jenis balok kayu glugu dengan ukuran 6 x 15 x 400 cm dibanderol dengan harga Rp. 2. 950.750. Ada juga reng ikatan kayu glugu, reng lepasan kayu glugu, dan papan kayu glugu dibanderol dengan harga 2 jutaan.

Nah itu tadi informasi seputar kayu glugu yang mungkin perlu Anda ketahui saat akan membeli untuk decking rumah Anda. Namun jika dirasa kayu jenis ini masih kurang pas, Anda bisa melakukan decking dengan menggunakan kayu ulin bekas atau jati.

Nah berikut tadi ulasan tentang kayu kelapa, semoga bermanfaat ya.

Mengenal Tentang Kayu Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *