Penyebab Timbulnya Penyakit Pada Kayu Dan Cara Mengatasinya.

Penyakit Kayu Berbahaya dan Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi -  BAHANPENGAWET.COMKUSEN JATIPohon Jati Emas, Jati Super, Jati Salomon ataupun Jati Unggul masih dapat terserang oleh hama dan penyakit. Dengan demikian harus dipelajari jenis-jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang benih, bibit, tanaman jati tersebut hingga penanaman di lapangan. Berikut ini penyebab timbulnya penyakit pada kayu dan cara mengatasinya.

 

 

 

1. Serangga berupa Kumbang

Kumbang Tanduk, Serangga Penyuka Palem - Greeners.CoMunculnya lobang- lobang kecil pada permukaan kayu menggambarkan terjadinya penyakit didalam kayu tersebut, yang umumnya disebabkan oleh kumbang penggerek kayu.

Kumbang pengrusak kayu ini ada dua jenis yaitu : Pengebor, berbentuk lonjong berukuran 2-5 mm berwarna coklat kehitaman, memiliki moncong yang digunakan untuk mengebor kayu. Dan Bubuk , bentuk dan ukurannya hampir sama dengan kumbang pengebor hanya bedanya kumbang bubuk tidak memiliki moncong.

Kumbang pengebor maupun kubang bubuk sama-sama menyerang kayu, terutama kayu yang umurnya kurang tua sudah terburu ditebang dan digunaakan. Bukti adanya serangan kumbang pada kayu atau barang furniture kayu dapat terlihat dari munculnya butiran-butiran kecil yang disebut totor, juga munculnya serbuk halus yang keluar dari dalam lobang-lobang kecil di permukaan kayu dan jatuh di lantai.

Cara membasminya yaitu mendapatkan peptisida atau racun, misalnya Fastak dll dapat dibeli di toko bahan kimia maupun di toko pertanian dengan cara menyapukan menggunakan kuas atau menyemprotkan peptisida pada permukaan kayu secara merata dan pastikan cairan racun bisa masuk ke lobang- lobang hama atau kumbang agar kumbang beserta larva yang tinggal didalam kayu teracuni dan mati.

Bila kumbang terdapat pada kayu yang sudah di finishing, maka cara mebasminya yaitu menggunakan jarum suntik, cairan racun diisikan kedalam tabung suntik dan masukkan jarum suntik ke dalam tiap-tiap lobang kayu tempat kumbang bersarang, usahkan cairan tidak sampai tumpah mengenai finishing kayu bila terlanjur meluap segera bersihkan dengan lap yang bersih agar tidak merusak finishing kayu.

2. Serangga berupa Rayap

Cara Mudah Membuat Jebakan Rayap yang Sangat Ampuh - ArafuruRayap adalah serangga pemakan kayu yang paling rakus baik pada kayu segar maupun kayu kering, rayap hidup berkoloni dengan kebersamaan mereka menyerang kayu selama 24 jam penuh tanpa mengenal waktu, rayap memakan atau merusak kayu bangunan juga barang-barang furniture kayu tanpa mempedulikan kepentigan manusia.

Rayap dapat hidup dimana saja asalkan disitu ada kayu, baik di desa ataupun di kota metropolitan bisa tinggal. Namun rayap tidak menyukai matahari sehingga mereka sembunyi dengan perlindungan tanah untuk menutupinya. Dengan begitulah rayap leluasa melahap kayu sebagai makanannya.

Cara membasminya dengan mengkuaskan atau menyemprotkan cairan peptisida atau racun keseluruh permukan kayu secara merata. Dan waspadai bila ada gundukan tanah sekecil apapun pada permukaan kayu itu melambangkan akan ada kegiatan rayap di situ. Maka segeralah membuangnya dan semprot dengan cairan peptisida.

3.   Jamur

Sebutkan nama jamur kayu liar di sini dan beri nama ilmiah!! - Brainly.co.idKetahanan kayu terhadap serangan jamur perusak kayu merupakan hal yang sangat penting bagi para pengolah kayu maupun penggemar rumah kayu dan barang-barang furniture kayu, karena keteledoran merupakan pintu terbuka bagi tumbuh kembangnya jamur perusak kayu, karena jamur mudah tumbuh pada kayu yang dibiarkan tidak dirawat dengan posisi yang lembab.

Penyebab Timbulnya Penyakit Pada Kayu Dan Cara Mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *