Perawatan Furniture Kayu JatiPERAWATAN FURNITURE KAYU JATI

Pintu Jati – Jika Anda mempunyai suatu furniture kayu, sangat disarankan jika Anda memperhatikan dalam segi perawatannya juga. Furnire kayu ini bisa dirawat dengan cara yang bisa Anda terapkan dibawah ini.

Tips Merawat Furniture Kayu

Rumah sangat memerlukan berbagai macam furniture untuk isi dalam rumah. Fungsi furniture sendiri adalah untuk menaruh barang seperti lemari, kursi, meja dan lain lain. Selain itu, furniture juga berguna sebagai hiasan atau keindahan estetika. Untuk merawat furniture agar tetap awet sebagai berikut.

  1. Bersihkan Debu Menggunakan Lap atau kemoceng

Sebaiknya setiap hari furniture Anda bersihkan dari debu yang menempel. Bisa menggunakan kemoceng atau lap bersih. Hal ini bisa meminimalisir debu yang menempel yang akan menjadi bercak pada furnitre Anda dirumah.

  1. Letakkan di Tempat Kering

Furniture sebaiknya diletakkan ditempat yang kering. Karena jamur suka menyerang pada tempat yang lembab. Noda jamur pada kayu susah dibersihkan dan menimbulkan bercak kotor pada furniture Anda.

  1. Gunakan Alas

Untuk furniture yang besar dan berat, apalagi yang terbuat dari kayu keras, sebaiknya gunakan alas untuk menekan berat. Berikan kain kesat pada setiap kaki-kaki furniture. Agar setiap pergeseran furniture tidak menimbulkan goresan pada lantai Anda. Terlebih lagi jika lantai Anda lantai kayu. Sangat perlu untuk diperhatikan hal seperti ini.

  1. Memindahkan Secara Hati-hati

Jika Anda bosan dengan tampilan rumah Anda yang monoton, Anda bisa memindahkan funriture sesuai dengan selera. Namun jangan terlalu sering untuk memindahkan. Karena akan berdampak kayu mudah rusakjika digeser terlalu sering dan tidak berhati-hati. Untuk furniture besar dan berat sebaiknya jangan dipindahkan sendiri. Selain kesulitan, memindahkan barang secara gesan ketotong royong akan membuat berat furniture seimbang sehingga tidak meninggalkan goresan pada saat dipindahkan.

  1. Segera Bersihkan Dari Noda Air

Untuk meja makan yang fungsinya sebagai tempat menaruh makanan dan minumasn, tidak jarang juga makanan dan minuman tersebut tumpah tanpa sengaja. Sebaiknya segera dibersihkan agar tidak meresap ke pori-pori sehingga menyebabkan lembab pada furniture kayu Anda.

  1. Bersihkan Sela-sela Menggunakan Kuas Atau Sikat

Furniture yang terdapat ukiran atau sela-sela yang susah dibersihkan menggunakan kemoceng atau lap biasa sebaiknya dibersihkan menggunakan kuas atau sikat. Karena jika tidak bersih maka laba-laba biasanya akan bersarang pada furniture Anda.

  1. Bersihkan Menggunakan Air Teh Sisa

Air teh selain dikonsumsi untuk tubuh kita, bisa juga difungsikan sebai pembersih furniture kayu Anda. Terutama jika furniture Anda berbahan dasar kayu jati. Caranya cukup celupkan kain bersih ke sisa air teh, lalu oleskan ke permukaan funriture Anda. Setelah kering hasilnya akan terlihat lebih bersih.

  1. Hindarkan Dari Sinar Matahari Langsung

Untuk furbiture Anda sebaiknya hindarkan kontak dari sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari akan membuat furniture kayu memuai sehingga menyebabkan rusak pada kayu Anda.

  1. Bersihkan Menggunakan Pemoles Kayu

Selain cara yang mudah diatas lainnya, bisa juga membersihkan furniture menggunakan pemoles alami yang berasal dari lilin. Seperti Biopolish Linseed Oil untuk pemoles kayu furniture, dan Biopolish Beeswax untuk pemoles kayu untuk interior yang bersentuhan langsung dengan makanan seperti talenan, mangkok kayu dan lain sebagainya.

  1. Gunakan Obat Anti Rayap atau Anti Jamur

Jika furniture Anda sudah terkena jamur ataupun rayap, sebaiknya segera bersihkan menggunakan obat anti jamur dan anti rayp yang aman dan ramah lingkungan. Karen furniture dari kayu memang mudah terserang jamur dan serangga lainnya.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Perawatan Furniture Kayu Jati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *