Perbandingan Kelebihan Cat Melamin dan Water Based

Perbandingan Kelebihan Cat Melamin dan Water Based – Apakah anda sering mengecat menggunakan cat melamin? Jika anda sering mengecat menggunakan cat melamin, pastinya sudah tau bagaimana kualitas dari cat tersebut. Ketika Anda membandingkannya sekali atau dua kali maka Anda bisa membandingkannya dengan bahan finishing yang lebih baik. Semakin baik hasilnya maka Anda akan beralih dengan cat yang baru.

Perlu Anda lakukan perbandingan karena cat melamin kini telah mulai jarang digunakan di luar negeri bahkan dilarang. Pelarangan penggunaan cat melamin berhubungan dengan maslaha kesehatan lingkungan. Pasalnya cat melamin mengandung banyak logam berat yang membahayakan kesehatan dan kemanan lingkungan termasuk Anda.

Perbandingan Kelebihan Cat Melamin dan Water Based

Berikut ini perbandingan yang akan Anda hasilkan setelah melakukan percobaan:

  1. Harga

Harga melamin lebih murah namun Anda perlu membeli thinner dan hardener. Harga cat water based lebih murah namun Anda hanya membeli cat tidak perlu membeli bahan lainnya.

  1. Alat aplikasi

Proses aplikasi melamin membutuhkan spray gun agar mendapatkan hasil yang rata dan high gloss. Proses aplikasi cat water based bisa menggunakan kuas karena akan memberikan permukaan yang tetap rata dan halus bisa juga menggunakan spray system.

  1. Proses pengeringan

Pengeringan melamin membutuhkan panas matahari agar dapat kering sempurna. Jika tidak akan muncul efek mengembun atau memutih. Cat water based tidak membutuhkan panas matahari cukup didiamkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

  1. Transparansi

Transparansi melamin sangat baik namun sering berjalannya waktu akan menimbulkan efek menguning karena kandungan formalin. Tingkat transparansi cat water based sangat baik tidak berapapun lama telah digunakan tidak menimbulkan efek menguning karena kandungan formalin yang rendah.

  1. Keamanan

Kandungan logam berat melamin seperti timbal, formalin dan merkuri sangat tinggi sangat berbahaya dan dapat menimbulkan polusi. Kandungan logam berat cat water based rendah sehingga aman digunakan tidak menimbulkan polusi.

  1. Penggunaan

Melamin hanya dapat digunakan pada furnitur dalam ruangan atau indoor saja karena tidak tahan terhadap panas matahari terus menerus. Cat water based dapat digunakan pada berbagai macam furnitur baik dalam dan luar karena menciptakan lapisan film yang kuat.

  1. Aroma

Kandungan formalin melamin yang tinggi menimbulkan gas amonia sehingga pada saat pengeringan akan berbahaya. Cat water based tidak memiliki aroma menyengat sehingga Anda tidak perlu khawatir dan merusak udara dalam ruangan.

Melihat perbandingan di atas maka Anda pasti sudah dapat menentukan bahwa penggunaan cat water based akan lebih mudah dan juga lebih cepat. Kecepatan finishing cat water based kering tidak membutuhkan panas matahari. Itu adalah salah satu faktor penting yang perlu dimiliki industri furnitur di Indonesia.

Kondisi alam Indonesia ketika musim penghujan akan menghambat proses finishing furnitur dengan melamin. Namun hanya dengan menggunakan cat water based Anda dapat menggunakan cat kapan saja dan akan kering sempurna.

Jika dipertimbangkan lebih lanjut penggunaan cat water based tentu akan lebih banyak memberikan manfaat. Kini saatnya Anda mencoba sendiri.

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Perbandingan Kelebihan Cat Melamin dan Water Based

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *