Tehnik Gergaji KayuTEHNIK GERGAJI KAYU

Pintu Jati – Gergaji kayu merupakan alat untuk memotong kayu. Dalam menggunakan alat ini tidak bisa asal-asalan. Harus menggunakan beberapa tehnik, agar menghasilkan potongan kayu yang bagus. Nah berikut ini adalah beberapa cara memotong kayu menggunakan gergaji dengan benar.

Cara Memotong Kayu dengan Gergaji

Pada prinsipnya, jenis gergaji yang akan dipakai untuk memotong kayu harus disesuaikan dengan arah serat kayu yang bakal digergaji. Disarankan pilih gergaji yang mempunyai mata tegak dan memiliki sudut kemiringan yang sesuai arah serat. Dengan menggunakan gergaji ini, dapat dipastikan proses pemotongan kayu akan terasa lebih ringan karena mata gergaji dapat menancap lebih kuat.cara-memotong-kayu.jpg

Bagaimanakah proses pemotongan kayu dilaksanakan?

  1. Letakkan kayu di atas media alas yang kokoh dan stabil. Sebaiknya lapisi juga bagian sisi lebar kayu menggunakan pembatas yang tidak gampang bergerak.
  2. Pegang garis potong sesuai ukuran yang diinginkan memakai ujung kuku ibu jari tangan tepat pada titik yang berbatasan langsung dengan gergaji. Tujuannya supaya Anda bisa menahan posisi kayu tersebut dengan mantap, terutama saat proses penggergajian tengah berlangsung.
  3. Tancapkan mata gergaji tepat pada garis potong secara tegak lurus. Kemudian gerakkan gergaji ke belakang sedikit saja untuk membuat alur awal gergaji.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gergaji digerakkan menggunakan tenaga dorongan ke depan sampai serat kayu terpotong sedikit demi sedikit. Pertahankan tingkat kemiringan gergaji pada sudut 45 derajat. Ulangi gerakan menggergaji ini hingga kayu terpotong seluruhnya.
  5. Jangan pernah menggerakkan gergaji ke arah belakang karena hasil potongannya pasti tidak rapi. Tarikan gergaji ke belakang hanya boleh dilakukan pada saat kita ingin memposisikan kembali letak gergaji seperti semula.
  6. Sementara itu, jika Anda ingin membelah kayu, gunakan gergaji dengan mata yang lebih miring. Untuk mempertahankan kestabilannya kayu yang ingin dibelah sebaiknya diikatkan ke meja/bangku kerja memakai clamp.
  7. Secara garis besar, proses pembelahan kayu ini mirip seperti pemotongan kayu. Yang membedakan hanyalah sudut kemiringan gergaji yang ideal yaitu 60 derajat. Kayu dibelah menggunakan gergaji dengan gerakan ke arah depan.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

MULIA JATI JOGJA – PINTU JOGJA | KUSEN JATI | PINTU JATI JOGJA | BAHAN BANGUNAN MURAH JOGJA | JATI PERHUTANI JOGJA bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kusen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. Untuk melakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di 081 2277 1627 | (0274) 701 4444 | email : muliajatijogja@gmail.com

Tehnik Gergaji Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *