Tips Membasmi Rayap Di Rumah

Masuk Musim Hujan, Ini 5 Cara Membasmi Rayap di Rumah Halaman all -  Kompas.com

Mulia Jati Serangan rayap menjadi momok yang merepotkan bagi pemilik rumah karena sering menyerang berbagai perabotan. Hama yang satu ini kehadirannya memang sangat menyebalkan. Pasalnya, mereka selalu hadir dalam satu koloni lengkap beserta ratu rayap ketika bersarang di rumah. Alhasil, perabotan dari bahan kayu, buku-buku, dokumen, hingga uang kertas sering rusak karena rayap. Untyk itu kami berikan tips membasmi rayap di rumah. Yuk, baca sampai selesai.

 

 

1. Turunkan Suhu Ruangan

Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu hanya perlu meletakkan perabotan kayu yang mungkin dapat diserang rayap di ruangan ber-AC dan atur agar AC tersebut bersuhu rendah. Dengan begitu, rayap kayu atau rayap tembok pasti langsung hilang.

2. Siram dengan Air Sabun

Cara membasmi rayap secara alami berikutnya adalah siram dengan air sabun. Obat pembasmi rayap berbahan kimia ini pasti sangat mudah didapatkan dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cairan kimia lainnya.

Penggunaan cairan sabun berfungsi untuk menganggu aliran pernapasan rayap sehingga mereka pun akan lebih cepat mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap.

3. Membuat Jebakan Kardus

Jika ingin mengalahkan musuh, maka ketahuilah informasi mengenai mereka termasuk juga keberadaan mereka. Cara termudah untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan cara membuat jebakan kardus. Prosesnya yaitu dengan membasahi kardus dan menyimpannya di tempat yang kamu curigai sebagai sarang rayap.

Jika memang ada rayap kayu atau rayap tanah, maka dalam waktu singkat rayap-rayap tersebut akan berpindah ke dalam kardus lembap tersebut. Selanjutnya, Anda tinggal pilih cara basmi rayap yang tepat untuk memusnahkan mereka.

4. Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Pasalnya kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tak hanya itu, membasmi rayap dengan kapur barus di rumah juga sekaligus dapat membasmi berbagai serangga lainnya seperti kecoak dan juga semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di rumah, dijamin rayap pun enggan mendekatinya. Cara membasmi rayap dengan kapur baru ini menurut sebagian orang paling efektif dibanding cara lainnya.

5. Bersihkan Genangan Air di Halaman

Jika kamu ingin membasmi rayap dengan efektif, jangan lupa juga untuk menghilangkan genangan air yang ada di halaman. Meskipun terdengar tak berkaitan, namun justru ini adalah cara membasmi rayap di tembok yang sangat ampuh.

Pasalnya, genangan air merupakan salah satu tempat kesukaan rayap untuk berkembang biak. Maka dari itu kamu harus memastikan area di sekeliling rumah tak terdapat genangan air baik di halaman ataupun di selokan. Apalagi ketika musim hujan tiba, kamu harus lebih rajin dan teliti dalam membersihkan genangan air.

6. Lebarkan Ventilasi

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan melebarkan ventilasi. Cara ini juga bisa jadi bukti bahwa sebetulnya tak melulu harus menggunakan obat pembasmi rayap agar seluruh rayap musnah.

Sebab jika kondisi ruangan lembap maka akan sangat mudah bagi rayap untuk berkembang biak dan menetap. Maka dari itu ventilasi udara yang cukup dapat membuat cahaya dan udara masuk ke dalam ruangan secara menyeluruh dan membuat kondisi ruangan jadi lebih bersih dan anti lembap.

7. Gunakan Asam Borat

Selain melebarkan ventilasi, kamu juga bisa menggunakan asam borat sebagai cara membasmi rayap berikutnya. Asam borat sendiri merupakan bahan kimia untuk pembasmi rayap. Cara menggunakannya sangat mudah kamu hanya perlu semprotkan atau lapisi berbagai perabotan di rumah dengan cairan tersebut.

Agar hasilnya lebih maksimal, obat kimia anti rayap ini bisa kamu gunakan berulang kali hingga rayap pun enggan untuk memakan perabotan tersebut.

Baca Juga : 7 Manfaat Kayu Jati Sebagai Material Meja Makan

Tips Membasmi Rayap Di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *