Tips Memilih Pintu Jati Yang Berkualitas

Mulia Jati – Membuat rumah menjadi indah dan elegan tentu saja menjadi keinginan semua orang. Terutama pada bagian pintu rumah dimana menjadi bagian yang paling utama dalam menjamu tamu. Pasti setiap orang menginginkan model pintu yang minimalis namun elegan. Pintu menjadi salah satu furniture perlengkapan rumah yang paling banyak dicari. Pintu merupakan komponen yang paling penting yang harus ada dalam sebuah rumah. Bahkan kita tahu fungsi pintu bukan hanya menjadi pembatas saja. Berfungsi untuk jalan keluar masuk pemilik rumah dan juga membuat rasa aman bagi penggunanya.

Mulia Jati -Saat ini banyak sekali model pintu jati minimalis yang dapat anda cari ketika anda memiliki rumah. Banyak sekali model pintu jati minimalis yang beredar di pasaran dengan berbagai bahan, dan juga motif. Ada yang terbuat dari besi, kayu, kaca, dan aluminium. Ketika anda memilih pintu ada baiknya anda menyelaraskan dengan penempatan pintu baik itu pada pintu kamar mandi, pintu kamar tidur, pintu dapur hingga pintu utama. Karena banyak pintu memiliki fungsi masing – masing maka di sini anda harus memilih dengan baik agar fungsi pintu itu dapat maksimal. Berikut cara memilih pintu jati yang berkualitas :

1. Tingkat kekeringan kayu

Anda harus perhatikan tingkat kekeringan kayu yang akan anda gunakan sebagai bahan pintu utama anda. Anda juga jangan memilih pintu dengan bahan kayu yang basah. Di sini mencegah agar pintu rumah yang anda miliki tidak melengkung. Apabila ini terjadi tentu saja akan sangat menyusahkan pemilih rumah khususnya penghuni rumah tersebut. Apalagi ketika Penghuni rumah ingin membuka atau menutup pintu rumah. Dikarenakan pintu rumah anda tidak sesuai dengan daun pintu kayu jati tersebut.

Anda harus perhatikan kualitas pintu minimalis kayu jati yang anda pilih. Anda harus hindari jenis pintu minimalis kayu jati yang memiliki belang putih walaupun desain kayu tersebut sangat menawan. Karena belang putih yang ada dikayu tersebut dapat menjadi sarang rayap.

2. Anda harus menyesuaikan dengan taman depan rumah

Anda harus perhatikan dengan kondisi taman depan rumah anda. Karena kita tahu pintu depan rumah akan menjadi kesan pertama yang dilihat orang. Tentang bagaimana kondisi rumah anda. Sehingga hal ini dapat menimbulkan daya tarik atau malah sebaliknya menimbulkan kesan jelek pada rumah anda.

Model pintu yang minimalis biasanya memiliki bentuk daun pintu kayu jati yang simple tanpa banyak ukiran – ukiran yang ramai pada sebuah pintu. Pada kayu ini biasanya menggunakan warna – warna yang netral dan tentu elegan seperti warna coklat, hitam dan abu – abu yang biasa sering digunakan dalam pembuatan pintu minimalis kayu jati. Jika kita melihat dari banyaknya daun pintu kayu jati , pintu dibagi menjadi dua yaitu daun pintu berdaun satu atau dun pintu berdaun dua. Kedua model daun pintu kayu jati dapat anda gunakan kepada rumah yang berkonsep minimalis tetapi anda harus sesuaikan antara jenis pintu dengan bentuk rumah yang ada.

Harga daun pintu jati memang sangat cukup tinggi dibanding dengan harga kayu yang lainnya. Kualitas kayu jati yang didapat pun memang setara dengan harga yang sudah dibayarkan. Bahkan banyak orang mau mengeluarkan uang yang berlebih agar mendapatkan daun pintu kayu jati dengan kualitas yang terbaik.

3. Anda harus memperhatikan ukuran tebal pintu

Anda juga harus memperhatikan ketebalan pintu utama rumah anda. Karena di sini ada baiknya anda memilih pintu utama dengan ketebalan 3,5 sampai 4 cm. Hal ini dikarenakan agar pintu rumah benar – benar kuat dan juga aman. Apalagi harus tahan terhadap berbagai macam cuaca.

4. Memilih jenis kayu yang tepat

Sebetulnya hampir semua jenis kayu memiliki struktur keras dan juga dapat digunakan sebagai dasar pembuatan pintu rumah terutama untuk bagaan pintu utama rumah yang tentunya berhubungan langsung dengan luar rumah. Hal ini di maksudkan untuk mencegah pintu rumah anda agar tidak mudah keropos dan juga rusak. Sehingga anda disini harus bisa memilih kayu jati yang baik dengan usia kayu jati yang lebih tua. Karena kayu jati yang lebih tua memiliki oil teak yang membuat kayu jati tersebut awet dan tahan lama daripada bahan kayu yang lainnya.

5. Ketahanan

Setiap jenis kayu akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik itu dari segi ketahanan , kelenturan, kekerasan maupun teksturnya. Selain itu satu hal yang paling penting yaitu tingkat kadar air atau kekeringan kayu pada pintu tersebut. Bahan kayu yang baik untuk dijadikan pintu adalah kayu jati, kayu merbau, kayu kamper atau kayu meranti.

Tips Memilih Pintu Jati Yang Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *